TUGAS KEPEMIMPIAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR DESA PADA DESA BARU KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN

rahmidawati, rahmidawati (2021) TUGAS KEPEMIMPIAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR DESA PADA DESA BARU KECAMATAN AWAYAN KABUPATEN BALANGAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel Skrispis Rahmidawati.pdf

Download (460kB)

Abstract

Rahmidawati, NPM.17.12.0325. Tugas Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa Pada Desa Baru Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Latar belakang penelitian ini dilakukan, dikarenakan pimpinan dinilai cukup berhasil dalam memotivasi kinerja aparatur Desa Pada Desa Baru Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pimpinan dalam meningkatkan kinerja aparatur Desa Pada Pada Desa Baru Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Manfaat penelitian diharapkan berguna untuk mengembangkan konsep pimpinan dalam meningkatkan kinerja aparatur Desa Pada Pada Desa Baru Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-korelational. Penelitian deskriptif-korelational artinya peneliti berusaha menggambarkan dan kemudian mencoba menghubungkan adanya kaitan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menemukan bukti bahwa kepemimpinan kepala Desa dalam meningkatkan kinerja aparatur Desa di Kantor Pada Desa Baru Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan, cukup signifikan. Hal ini didukung bukti berupa; ada 63,64 % responden yang sangat membenarkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa telah memberikan panduan kerja kepada para aparatur Desa serta menjadwalkan pekerjaannya dengan baik dan benar; ada 72,73 % responden yang sangat membenarkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa telah menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan dan kebutuhan para aparatur Desa; ada 81,82 % responden yang sangat membenarkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa dalam berhubungan dengan aparatur Desa telah mengambil keputusan dengan bijaksana; ada 63,64 % responden membenarkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa telah mendorong para aparatur Desa untuk berprestasi dalam melayani masyarakat; dan ada 54,55 % responden yang membenarkan bahwa Kepemimpinan Kepala Desa telah berusaha mempengaruhi persepsi bawahan dengan memotivasinya, guna memberikan kinerja aparatur Desa yang efektif. Kesimpulan dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa dalam meningkatkan kinerja aparatur Desa sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat pada kondisi pimpinan Kepala Desa selalu memberikan motivasi kepada aparaturnya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Rahmidawati
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:55
Last Modified: 10 Mar 2022 03:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10075

Actions (login required)

View Item View Item