EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN STAF TATA USAHA PADA MTsN 1 KABUPATEN tANAH LAUT

Mariyati, Sri (2021) EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DAN STAF TATA USAHA PADA MTsN 1 KABUPATEN tANAH LAUT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Arrtikel Skripsi Sri Mariyati (1).pdf

Download (283kB)

Abstract

Sri Maryati, NPM:17.12.0040. Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Staf Tata Usaha Pada MTsN 1 Tanah Laut. Latar belakang penelitian ini dilakukan, karena efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memberikan motivasi dapat meningkatkan kinerja pegawai, terutama para guru dan staf tata usaha pada MTsN 1 Tanah Laut. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memberikan motivasi, sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawainya. Manfaat penelitian diharapkan berguna untuk mengembangkan konsep peran dan fungsi tugas kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memberikan motivasi terhadap peningkatan kinerja pegawai, yang dilaksanakan oleh para guru dan staf tata usaha pada MTsN 1 Tanah Laut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-korelational. Penelitian deskriptif-korelational artinya peneliti berusaha menggambarkan dan kemudian mencoba menghubungkan adanya kaitan antara variabel independen terhadap variabel dependen, dalam hal ini efektivitas kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja pegawai terhadap para guru dan staf tata usahanya. Hasil penelitian, menemukan bukti bahwa efektivitas tugas pimpinan Kepala Sekolah dinilai cukup berhasil dalam memotivasi kinerja para guru dan staf pengajar dan staf tata usaha di MTsN 1 Tanah Laut, cukup berhasil. Hal ini didukung bukti berupa; ada 89,29 % responden menyatakan setuju, bahwa Efektivitas kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengkoordinir kinerja guru dan tata usaha, dinilai cukup berhasil, ada 85,72 % responden menyatakan setuju, bahwa Efektivitas kepemimpinan Kepala Sekolah telah memberikan motivasi yang baik kepada guru dan tata usaha, sehingga kinerja pegawai berhasil dengan baik, ada 82,14 % responden menyatakan setuju, bahwa tingkat keberhasilan kinerja guru dan tata usaha banyak dipengaruhi oleh kepemimpinan Kepala Sekolah yang cukup demokratis dalam membimbing bawahannya, ada 89,29 % responden menyatakan setuju, bahwa terhadap kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai pendidik telah mampu melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efesien, ada 82,14 % responden menyatakan setuju, bahwa terhadap kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai pelaksana struktur organisasi yang telah mampu menyelenggarakan berbagai hal yang berkaitan dengan proses belajar mengejar secara professional, ada 89,29 % responden menyatakan setuju, bahwa terhadap kepemimpinan Kepala Sekolah yang telah berhasil menjadikan guru dan tata uaha dalam membuat perangkat pembelajaran secara efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Kepemimpinan, Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Mariyati
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:39
Last Modified: 10 Mar 2022 04:39
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item