APLIKASI DISTRIBUSI BANTUAN BARANG HIBAH PERTANIAN DAN BANTUAN SEMBAKO COVID 19 PADA DKP3 BANJARMASIN

Saputra, Sahbar (2022) APLIKASI DISTRIBUSI BANTUAN BARANG HIBAH PERTANIAN DAN BANTUAN SEMBAKO COVID 19 PADA DKP3 BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimatan MAB.

[img] Text
ARTIKEL SAHBAR SAPUTRA_17630268.pdf

Download (898kB)

Abstract

DKP3 adalah instansi pemerintahandi bawah Walikota. Dinas ini memiliki tujuan yang sangat penting yaitu Meningkatkan Produksi dan Produktivitas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Produksi Daging yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH), Produksi dan Produktivitas Perikanan, dan Ketersediaan Pangan guna mencukupi kebutuhan masyarakat khususnya wilayah banjarmasin. Proses pengelolaan data bantuan selama ini masih dilakukan secara manual yaitu dengan mencatat data petani yang mendapatkan bantuan, kemudian dimasukan kembali kedalam Microsoft Office guna pembuatan laporan hasil pembagian bantuan pertanian. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu dalam pengelolaan data bantuan pertanian, dengan adanya sistem proses penginputan data akan lebih cepat dan lebih mudah, selain itu dengan adanya sistem akan mengurangi resiko kesalahan dalam penginputan data, Pembuatan laporan juga lebih mudah karena bisa langsung di cetak ataupun hanya mau di download berupa file. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun sistem. Hasil dari sistem ini berupa aplikasi yang digunakan bagi DKP3 untuk membuat data laporan pengelolaan bantuan, dimana aplikasi ini dapat membantu mempermudah kinerja anggota untuk mengimputan data laporan pengelolaan bantuan di DKP3 Banjarmasin. DKP3 is a government agency under the Mayor. This service has very important objectives, namely Increasing Production and Productivity of Food Crops and Horticulture, Production of Safe, Healthy, Whole, and Halal Meat (ASUH), Fishery Production and Productivity, and Food Availability to meet the needs of the community, especially the Banjarmasin area. The process of managing aid data is still done manually, namely by recording the data of farmers who get assistance, then inputting it back into Microsoft Office for making reports on the results of the distribution of agricultural assistance. Therefore we need a system that can assist in managing agricultural assistance data, with the existence of a data input process system it will be faster and easier, besides that with the system it will reduce the risk of errors in data input, Reporting is also easier because it can be directly entered print or just want to download in the form of a file. The method used in making this application is the waterfall method which is systematic and sequential in building the system. The result of this system is an application that is used for DKP3 to make data on aid management reports, where this application can help facilitate the performance of members to input data on aid management reports in DKP3 Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Distribusi Bantuan Barang Hibah, Bantuan Sembako, DKP3 Banjarmasin. Distribution of Donated Goods, Basic Food Assistance, DKP3 Banjarmasin
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TP Chemical technology
Depositing User: Sahbar Saputra
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:02
Last Modified: 15 Mar 2022 04:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item