APLIKASI PERFORMANCE COAL-MINING PRODUCTION AND OPERATIONAL DENGAN METODE MOVING-AVERAGE PADA PT BUMI ENERGI SENTOSA

Putra, Tri Wahyu Prima (2022) APLIKASI PERFORMANCE COAL-MINING PRODUCTION AND OPERATIONAL DENGAN METODE MOVING-AVERAGE PADA PT BUMI ENERGI SENTOSA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL TRI WAHYU PRIMA PUTRA.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT Bumi Energi Sentosa merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri tambang batu�bara. Kegiatan yang dilakukan adalah mulai dari penambangan batu-bara yang berada di Kintap Kalimantan Selatan, selanjutnya dilakukan pengangkutan ke pelabuhan cenko yang sudah di pesan oleh buyer dan akan di export ke negara tujuan. Produk utama yang dihasilkan dari perusahaan ini adalah batu-bara. Permasalahan yang kerap muncul yaitu dalam kegiatan operasional pertambangan salah satunya penentuan stok persediaan bbm, jika terlalu sedikit akan menimbulkan kerugian karena bbm yang dibutuhkan tidak tersedia dan mengakibatkan kemacetan produksi, sebaliknya jika terlalu banyak dalam persediaan bbm maka perusahaan harus menambah tanggungan biaya seperti biaya simpan. Penggunaan peramalan dengan metode moving-average adalah untuk meramalkan jumlah pemakaian yang akan terjadi pada periode yang akan datang. Dimana pada sistem ini terdapat data prediksi yang berfungsi untuk memprediksikan pemakaian bbm pada periode yang akan datang sehingga dapat digunakan untuk menentukan berapa banyak jumlah persediaan bbm yang harus disiapkan untuk memenuhi kegiatan operasional dalam memproduksi batu-bara pada periode yang akan datang. Kesimpulan yang didapat dengan adanya sistem yang baru yaitu dapat meningkatkan kinerja perusahaan karena proses-proses yang bersangkutan dengan aktivitas industri tambang batu-bara seperti pengelompokkan dan perhitungan untuk memberikan data yang kompleks tentang operasional dan performa produksi tambang batu-bara. PT Bumi Energi Sentosa is a company engaged in the coal mining industry. The activities carried out are starting from coal mining in Kintap, South Kalimantan, then transportation to the cenko port which has been ordered by the buyer and will be exported to the destination country. The main product produced by this company is coal. Problems that often arise are in mining operations, one of which is determining the stock of fuel supplies, if too little will cause losses because the required fuel is not available and causes production bottlenecks, on the other hand if there is too much fuel in stock, the company must increase costs such as storage costs. The use of forecasting with the moving-average method is to predict the amount of usage that will occur in the future period. Where in this system there is predictive data that functions to predict fuel consumption in the future period so that it can be used to determine how much fuel inventory must be prepared to meet operational activities in producing coal in the coming period. The conclusion obtained with the new system is that it can improve company performance due to processes related to coal mining industry activities such as grouping and calculations to provide complex data on coal mining operations and production performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pertambangan, Prediksi, Moving-Average, Operasional, Produksi, Batu-bara Mining, Prediction, Moving-Average, Operations, Production, Coal
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Tri Wahyu Prima Putra
Date Deposited: 12 Sep 2022 01:27
Last Modified: 12 Sep 2022 01:27
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item