ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN PEMDA KABUPATEN TANAH BUMBU

YAHYA, VIVI ALIDIYA (2022) ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN PEMDA KABUPATEN TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel vivi.pdf

Download (464kB)

Abstract

VIVI ALIDIYA YAHYA. NPM. 17120257. Analisis Kinerja Pegawai Dalam Upaya meningkatkan pelayanan Publik di Bagian Perencanaan Dan Keuangan Pemda Kabupaten Tanah Bumbu. Pembimbing I. Dr. Murdiansyah Herman, S.Sos, M.Ap, dan Pembimbing II. Drs. Abdul Wahid, M.Ap. Latar belakang penelitian ini dilakukan, dikarenakan peranan kinerja pegawai mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pelayanan publik yang berkualitas di Bagian Perencanaan Dan Keuangan Pemda Kabupaten Tanah Bumbu. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai Dalam Upaya meningkatkan pelayanan Publik di Bagian Perencanaan Dan Keuangan Pemda Kabupaten Tanah Bumbu Manfaat penelitian diharapkan berguna untuk mengembangkan konsep peranan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas di Bagian Perencanaan Dan Keuangan Pemda Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif-korelational. Penelitian deskriptif-korelational artinya peneliti berusaha menggambarkan dan kemudian mencoba menghubungkan adanya kaitan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian, menemukan bukti bahwa kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan yang berkualitas di Bagian Perencanaan Dan Keuangan Pemda Kabupaten Tanah Bumbu, disimpulkan cukup berhasil secara signifikan. Hal ini didukung bukti berupa; ada 52.63 persen responden menyatakan setuju kesungguhan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat; ada 50.88 persen responden menyatakan setuju kesiapan pegawai dalam membantu dan melayani masyarakat sudah cukup baik dan bijaksana; ada 56.14 persen responden menyatakan setuju pengetahuan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sudah cukup memadai; dan ada 57.90 persen responden menyatakan setuju Sikap sopan pegawai dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, dinilai sudah cukup baik. Faktor yang menjadi hambatan, yaitu : adanya aturan yang saling bertentangan; adanya aturan yang kurang jela; kecakapan pegawai tidak sesuai dengan tugas yang diberikan; kurangnya sarana dan prasarana yang ada; kurang jelasnya sistem penghargaan yang diberikan; kurangnya kewenangan yang diberikan dalam memberikan pelayanan public; dan kurangnya kerja sama antar pegawai dalam memberikan pelayanan publik. Faktor yang menjadi pendukung, yaitu: adanya revisi Kep Men PAN No. 81/1993 tentang Pedoman Tatalaksana Pelayan Umum melalui Kep Men PAN No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan.; adanya Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS); dan adanya kompetensi PNS yang mampu membuat program dan kegiatan sesuai dengan visi, misi dan strategi yang didasarkan pada prinsip-prinsip good governance, diDi Bagian Perencanaan Dan Keuangan Pemda Kabupaten Tanah Bumbu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Khunaefatulangaly
Date Deposited: 16 Jul 2022 01:41
Last Modified: 16 Jul 2022 01:41
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10725

Actions (login required)

View Item View Item