Perancangan Otomatisasi Pengendalian Suhu Dan Kelembaban Udara Di Dalam Greenhouse Untuk Pertumbuhan Penyakit Blas (Pyricularia Grisea) Menggunakan Raspberry Pi 3 Model B+

Sugandi, Wahyu Kristian and Muhaemin, Mimin and Latifah, Laili Perancangan Otomatisasi Pengendalian Suhu Dan Kelembaban Udara Di Dalam Greenhouse Untuk Pertumbuhan Penyakit Blas (Pyricularia Grisea) Menggunakan Raspberry Pi 3 Model B+. Prosiding Seminar Nasional Teknik Tahun 2020 (SENASTIKA 2020). (Unpublished)

[img] Text
5. Wahyu Kristian.pdf

Download (119kB)

Abstract

Blas adalah penyakit yang menyerang tanaman padi akibat suhu yang terlalu rendah dan kelembaban udara yang terlalu tinggi. Budidaya penyakit blas dilakukan untuk penelitian lebih lanjut, dengan tujuan mengatasi kerugian-kerugian yang disebabkan olehnya. Penelitian dilakukan didalam rumah kaca guna memudahkan pengendalian iklim mikro sehingga syarat hidup penyakit blas dapat terpenuhi. Sistem kontrol pengendalian iklim mikro dirancang dan dijalankan dengan menggunakan raspberry pi 3 model B+. Sistem kontrol pengendalian iklim mikro menghubungan sistem pemantauan (monitoring), dan aktuator-aktuator. Sistem pemantauan terdiri dari sensor suhu dan kelembaban udara, serta sensor intensitas cahaya matahari. Sedangkan aktuator yang digunakan terdiri dari 3 aktuator, yaitu kipas exhaust, paranet, dan katup air yang tersambung ke kassa multi-layer sebagai pad. Hasil pengendalian iklim mikro menggunakan aktuator-aktuator tersebut diketahui dapat meningkatkan kelembaban udara dan menurunkan suhu di dalam rumah kaca.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Publikasi dan Pengelolaan Jurnal
Date Deposited: 30 May 2022 03:16
Last Modified: 30 May 2022 03:16
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item View Item