ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT. (Studi Kasus pada Pantai Batakan Baru)

Miliani, Rini (2022) ANALISIS DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT. (Studi Kasus pada Pantai Batakan Baru). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL RINII.pdf

Download (365kB)

Abstract

Jika kita lihat dari sisi ekonomi, usaha pariwisata akan membawa peluang dimana dengan kekayaan wisata, Indonesia akan mendapat pendapatan yang banyak dari sektor pariwisata, karena dalam pariwisata kita akan menemukan hal-hal yang berkaitan dan bisa dikembangkan atau diperluas menjadi sebuah usaha agar mendapat keuntungan dan membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Pengembangan pariwisata juga tidak terlepas dari perubahan pendapatan di masyarakat, mulai masyarakat yang memiliki pendapatann dibawah rata-rata, sekarang masyarakat dapat memperbaiki ekonominya. Apakah dengan adanya pengembangan pariwisata berdampak pada ekonomi masyarakat, tujuan dari penelitian untuk mengetahui dengan perkembangan pariwisata akan memberikan dampak bagi perekonomian mayakat di objek wisata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, penelitian ini menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau ter ucap dari orang yang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan sumber masyarakat pelaku usaha disekitar objek wisata dan pengelola pantai. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 pelaku usaha dan sampel yang digunakan adalah 12 pelaku usaha dengan kriteria tertentu. Perkembangan di Pantai batakan baru berdampak positif dan negatif bagi masyarakat, pengembangat ini juga menigkatkan perekonomian masyarakat pelaku usaha di daerah objek wisata tersebut. If we look at the economy, tourism will bring great opportunities where with this wealth Indonesia can get a lot of income from the tourism sector, because from the tourism sector there are many things related which can be developped into a business to gain profits and increase employment for the community. The development of tourism is also inseparable from changes in people's incomes, from people who only have below average income, now people can improve the economy. Does the development of tourism have an impact on the community's economy, the purpose of this research is to find out if the development of tourism has an impact on the economy of the community in tourist objects. The type of research used is qualitative, where this research produces descriptive data in the form of written or spoken words from the people being studied. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. With community sources, business actors around tourist objects and beach managers. The population in this study was 120 business actors and the sample used was 12 business actors with certain criteria. Developments in the new batakan beach have positive and negative impacts on the community, this development also improves the economy of the business community in the tourist attraction area.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Masyarakat, Objek Wisata, Pantai Batakan Baru, Pengembangan Pariwisata. Community Economy, Tourism Objects, New Batakan Beach, Tourism Development.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Rini Miliani
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:11
Last Modified: 05 Jul 2022 02:11
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10946

Actions (login required)

View Item View Item