RANCANG BANGUN DAN EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI REKAPITULASI DATA SURAT KETERANGAN PADA KANTOR KELURAHAN RANGDA MALINGKUNG BERBASIS WEB

Aswandi, Muhammad Rizki (2022) RANCANG BANGUN DAN EVALUASI PENGGUNAAN APLIKASI REKAPITULASI DATA SURAT KETERANGAN PADA KANTOR KELURAHAN RANGDA MALINGKUNG BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
(179) daftar pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (254kB)

Abstract

Pada Kantor Kelurahan Rangda Malingkung cenderung belum terdapat aplikasi rekapitulasi data berkaitan dengan masukan dan keluaran dari berbagai macam pengurusan surat-surat keterangan. Proses yang dijabarkan merupakan system lama yang ada di instansi tersebut dimana memiliki kekurangan seperti data hilang jika buku mengalami kerusakan, cenderung tidak menghemat waktu dan menimbulkan banyak tumpukan buku dari hasil perekaman data yang dilakukan secara ditulis. Maka, tujuan penelitian adalah merancang, membangun dan mengevaluasi aplikasi rekapitulasi data surat keterangan pada kantor kelurahan rangda malingkung berbasis web. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan perangkat lunak jenis Waterfall yang terdiri dari Komunikasi (Analisis Kebutuhan), Perencanaan (Penjadwalan), Perancangan, Pengkodean dan Pengujian, serta Implementasi kepada Pengguna Akhir. Untuk pengujian keberfungsian digunakan metode Black-Box. Pengkodean aplikasi menggunakan perangkat lunak WAMPP dan Sublime, dengan jumlah tabel sebanyak 15 buah dan 16 buah laporan. Aplikasi yang diimplementasikan dapat melakukan perekaman data dan perekapan data, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kehilangan data, menghemat waktu dan memberikan layanan secara cepat. Hasil dari pengujian keberfungsian dengan metode Black-Box adalah semua fitur uji dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Rekapitulasi Data Surat Keterangan, Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S. Kom Muhammad Rizki Aswandi
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:30
Last Modified: 19 Sep 2022 03:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item