HUBUNGAN FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN SAFETY BEHAVIOUR PARA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. BINA MULTI ALAM LESTARI MUARA TEWEH TAHUN 2022

Hanimah, Siti (2022) HUBUNGAN FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DENGAN SAFETY BEHAVIOUR PARA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. BINA MULTI ALAM LESTARI MUARA TEWEH TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK SITI HANIMAH.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Penelitian.pdf

Download (143kB)

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu aspek perlindungan tenaga kerja yang diatur dalam perundang-undang ketenagakerjaan. berdasarkan data dari International Labour Organization (2018), menyebutkan bahwa setiap tahun ada 2,78 juta pekerja yang tewas karena kecelakaan di tempat kerja atau penyakit terkait pekerjaan. Kematian, kecelakaan dan kesakitan di tempat kerja dapat dicegah dengan mempromosikan budaya keselamatan di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor pembentuk budaya kesehatan keselamatan kerja (K3) (komitmen manajemen, peraturan dan prosedur K3, komunikasi dan lingkungan sosial pekerja) dengan safety behaviour pada pekerja bagian produksi di PT. Bina Multi Alam Lestari Muara Teweh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan Cross Sectional korelasional dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 47 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis uji menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat ada hubungan antara komitmen manajemen (p-value = 0,045) dan lingkungan sosial pekerja (p-value = 0,041) dengan safety behaviour pekerja dan tidak ada hubungan peraturan dan prosedur K3 (p-value = 0,122) komunikasi (p-value = 0,087) dengan safety behaviour pekerja. Disarankan kepada instansi dapat menerapkan program safety talk sebelum bekerja agar dapat mengedukasi pekerja untuk selalu melakukan pekerjaan sesuai prosedur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Siti Hanimah
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:03
Last Modified: 21 Sep 2022 04:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item View Item