FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. BINA MULTI ALAM LESTARI (BMAL) MUARA TEWEH TAHUN 2022

Lestari, Farah (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI PT. BINA MULTI ALAM LESTARI (BMAL) MUARA TEWEH TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK FARAH.pdf

Download (231kB)
[img] Text
pengesahan farah.pdf

Download (72kB)
[img] Text
pernyataan keaslian penelitian farah.pdf

Download (99kB)

Abstract

Berdasarkan dari studi awal terdapat 6 riwayat kecelakaan kerja berat yang tercatat pada laporan kecelakaan kerja perusahaan, serta 2 riwayat kecelakaan kerja terbaru yaitu pada tahun 2020 dan 2021 yang tidak tercatat pada laporan kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi di PT. Bina Multi Alam Lestari (BMAL) Muara Teweh tahun 2022. Penelitian ini menggunakan jenis observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan responden sebanyak 47 pekerja produksi yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan cara wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan uji chi square α= (0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa pekerja yang pernah mengalami kecelakaan kerja sebanyak 14 orang (29,8%) dan didapatkan bahwa ada hubungan antara usia (p-value = 0,001), masa kerja (p-value = 0,000), penggunaan APD (p-value = 0,010) dengan kejadian kecelakaan kerja di PT. BMAL serta tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan (p-value = 0,136) dengan kejadian kecelakaan kerja di PT. BMAL. Disarankan bagi pekerja agar senantiasa patuh terhadap penggunaan APD dan menggunakan APD secara lengkap sesuai SOP, perusahaan diharapkan membuat sanksi yang baku agar memberikan efek jera kepada pekerja yang tidak menggunakan APD secara lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Kerja; Masa Kerja; Usia
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RK Dentistry
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Farah Lestari
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:54
Last Modified: 22 Sep 2022 04:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12582

Actions (login required)

View Item View Item