FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PROGRAM JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TERMINAL KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022

Danu, MHD. Agian Kusuma (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PROGRAM JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TERMINAL KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK AGIAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan 2022-09-22 11.52.37.pdf

Download (150kB)
[img] Text
pernyataan keaslian penelitian 2022-09-22 11.50.45.pdf

Download (209kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang di lakukan peneliti kepada 10 orang di wilayah Puskesmas Terminal, semua menyatakan bahwa mempunyai JKN akan tetapi apabila sakit mereka lebih sering berobat ke dokter praktik daripada berobat ke puskesmas menggunakan JKN karena mereka enggan untuk menunggu terlalu lama dan mengantri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan program JKN di Wilayah Kerja Puskesmas Terminal Kota Banjarmasin Tahun 2022. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitaif yang bersifat analitik melalui pendekatan cross-sectional dengan responden sebanyak 100 orang yang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden yang memanfaatkan JKN sebanyak 87 orang (87%) dan didapatkan bahwa ada hubungan antara pendidikan (p-value=0,000), pengetahuan (p-value=0,010), pendapatan (p-value=0,000), kebutuhan (p-value=0,000) dengan pemanfaatan JKN di Wilayah Kerja Puskesmas Terminal Kota Banjarmasin Tahun 2022. Di sarankan kepada pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk meningkatkan pelayanan, pengawasan dan kerjasama dengan pihak puskesmas guna meningkatkan kebutuhan dan pengetahuan masyarakat tentang JKN dan menjalankan sosialisasi yang lebih untuk masyarakat tentang pentingnya JKN sehingga masyarakat mengetahuai pelayanan apa saja yang mereka dapatkan apabila memiliki JKN dan diharapkan kepada Puskesmas Terminal agar bisa mempertahankan dan lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan bisa membantu pihak BPJS melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang keuntungan menjadi peserta JKN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan JKN, Pendidikan, Pengetahuan, Pendapatan, Kebutuhan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RK Dentistry
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Mhd Agian Kusuma Danu
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:51
Last Modified: 22 Sep 2022 04:51
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item