FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN BANK SAMPAH DI DESA TIRTA JAYA KABUPATEN TANAH LAUT

Dewi, Minati Puspa (2022) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN BANK SAMPAH DI DESA TIRTA JAYA KABUPATEN TANAH LAUT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN (1).pdf

Download (263kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan_(PDF).pdf

Download (109kB)
[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY (NEW) 2022.pdf

Download (353kB)

Abstract

Cara penyelesaian yang ideal dalam penanganan sampah adalah melalui bank sampah, namun selama ini pemanfaatannya kurang maksimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan bank sampah diantaranya tingkat pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, pendapatan dan dukungan petugas instansi pemerintah. Tujuan penelitian mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan bank sampah di Desa Tirta Jaya Kabupaten Tanah Laut. Rancangan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional.Populasi adalah masyarakat desa dan nasabah tetap di bank sampah Desa Tirta Jaya berjumlah 2.750 Orang. Sampel diambil sebanyak 100 orang dengan teknik accidental sampling. Analisis data melalui ujichi-square kepercayaan 95%. Hasil penelitian masyarakat sebagian besar tingkat pendidikan dasar (SD-SMP) berjumlah 68 orang (68%), tidak bekerja berjumlah 75 orang (75%), pendapatan sedang berjumlah 53 orang (53%), kurang pengetahuan berjumlah 42 orang (24%), kurang dukungan petugas instansi pemerintah berjumlah 56 orang (24%) dan kurang memanfaatkan bank sampah berjumlah 47 orang (47%). Tidak ada hubungan tingkat pendidikan dengan pemanfaatan bank sampah(p value = 0,137). Ada hubungan antara pekerjaan, pendapatan, pengetahuan dan dukungan petugas instansi pemerintah dengan pemanfaatan bank sampah di Desa Tirta Jaya Kabupaten Tanah Laut (p value = 0,000; 0,016; 0,000; 0,000). Pengelola bank sampah dapat meningkatkan pendidikan kesehatan misalnya dengan cara mengadakan atau pemberian informasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan bank sampah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Pengetahuan, Dukungan Petugas Instansi Pemerintah, Pemanfaatan Bank Sampah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Minati Puspa Dewi
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:30
Last Modified: 21 Nov 2022 05:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item