HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN APD PADA PELAYANAN TEKNIK DI PT. PLN (PERSERO) ULP BANJARBARU

Palodang, Risna (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN APD PADA PELAYANAN TEKNIK DI PT. PLN (PERSERO) ULP BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL RISNA PALODANG.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Pengesahan SKRIPSI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian skripsi.pdf

Download (267kB)

Abstract

APD adalah upaya yang dilakukan terakhir kali dalam menerapkan program k3 untuk mencegah terjadinya resiko kecelakaan. Adapun beberapa program yang dilakukan oleh PT. PLN dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja yaitu selalu mengingatkan untuk selalu menggunakan APD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan sikap dan tindakan penggunaan APD pada pelayanan teknik di PT. PLN ( PERSERO ) ULP Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross secsional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peleyanan teknik di PT. PLN ( PERSERO ) ULP Banjarbaru sebanyak 46 orang. Sampel yang di ambil sebanyak 46 responden menggunakan teknik total sampling. Uji statistik menggunakan Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukka ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri ( APD ) ( p=0,010), tidak ada hubungan antara sikap dengan kepatuhan alat pelindung diri ( APD ) ( p=0,098 ), dan tidak ada hubungan antaran tindakan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) ( p= 0 249 ). Disarankan agar seluruh petugas pelayanan teknik untuk selalu menaati aturan tentang penggunaan APD yang telah diterapkan oleh petusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kapatuhan APD, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Risna Palodang
Date Deposited: 11 Oct 2022 05:52
Last Modified: 11 Oct 2022 05:52
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12856

Actions (login required)

View Item View Item