PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING GUNA MENCEGAH KECENDERUNGAN SOSMED TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMPN 10 BANJARMASIN

Erda, Ferly Adisti (2022) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING GUNA MENCEGAH KECENDERUNGAN SOSMED TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMPN 10 BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
artikel adisti.pdf

Download (14kB)
[img] Text
PENGESAHAN ADISTI.pdf

Download (794kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mencegah kecenderungan sosmed terhadap siswa di SMPN 10 Banjarmasin Seperti apa perubahan karakter disiplin siswa dalam mencegah penggunaan sosmed di lingkungan sekolah Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif Adapun yang di jadikan subyek dalam penelitian ini yaitu 2 orang Guru Bimbingan Dan Konseling, dan 3 orang siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 10 Banjarmasin. Ada tiga metode dalam analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, model data dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil dan pembahasan bahwa Peran guru Bimbingan Konseling yaitu suatu tugas seorang pendidik (konselor), dimana pendidik tersebut dapat mengemban tanggung jawab dalam mengarahkan dan membimbing individu, sehingga individu tersebut dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Perubahan karakter disiplin siswa memang menghasilkan dampak negatif bagi pembelajaran akibat dari penggunaan sosial media tersebut, adanya penurunan minat belajar siswa serta berkurangnya interaksi sosial terhadap lingkungan sekitar. Adapun dampak positif penggunaan sosial media tersebut sebagai sarana diskusi, bertambahnya pengetahuan dan wadah silahturahmi. Dan upaya guru Bimbingan dan Konseling untuk mencegah dampak negatif sosial media maka dilakukan dengan kerja sama antara orang tua siswa, hal ini dimaksudkan kepada para orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan kepada para remaja agar tidak kecanduan dalam penggunaan sosial media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan Dan Konseling, Sosial Media, Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ferly Adisti Erda
Date Deposited: 20 Oct 2022 05:55
Last Modified: 20 Oct 2022 05:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12870

Actions (login required)

View Item View Item