ANALISIS PENGARUH POSTUR KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA PENGERAJIN MEBEL DI DESA PASAR SENIN KECAMATAN AMUNTAI TENGAH

Humairah, Siti (2022) ANALISIS PENGARUH POSTUR KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA PENGERAJIN MEBEL DI DESA PASAR SENIN KECAMATAN AMUNTAI TENGAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL SITI HUMAIRAH (1).pdf

Download (156kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (40kB)
[img] Text
keaslian penelitian.pdf

Download (51kB)

Abstract

Keluhan musculoskeletal disorders merupakan salah satu dari banyak keluhan yang sering muncul dan berkaitan dengan permasalahan ergonomi. Hasil wawancara yang telah dilakukan pada tanggal 03 Mei 2022, dari total 60 pekerja, 10 orang yang diwawancarai mengaku merasakan nyeri/sakit dan pegal-pegal di beberapa bagian tubuh baik saat bekerja maupun pada saat selesai bekerja. Pekerja mengeluhkan sakit di bagian pinggang lengan bagian bawah, leher, pegelangan tangan dan persendian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan postur kerja dan masa kerja dengan keluhan muscoloskeletal disorders (MSDS) pada para pengerajin mebel di Desa Pasar Senin Kecamatan Amuntai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja Mebel di UD. Sumber Berkat Desa Pasar Senin sebanyak 60 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara postur kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders pada para pengrajin mebel di Desa Pasar Senin Kecamatan Amuntai Tengah tahun 2022 dengan nilai p-value = 0,000 < α 0,05. Ada pengaruh antara masa kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders pada para pengrajin mebel di Desa Pasar Senin Kecamatan Amuntai Tengah tahun 2022 dengan nilai p-value = 0,046 < α 0,05. Saran bagi Mebel UD. Sumber Berkat agar lebih memperhatikan lagi tentang resiko musculoskeletal disorders sehingga dapat mengurangi keluhan musculoskeletal disorders pada pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Postur Kerja, Masa Kerja, Musculoskeletal Disorders (MSDs)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Risna Palodang
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:59
Last Modified: 19 Oct 2022 03:59
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12914

Actions (login required)

View Item View Item