FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKAUMAN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022

Meliani, Nadia (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEKAUMAN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (171kB)

Abstract

Stunting merupakan suatu kondisi tubuh yang menggambarkan gagal tumbuh pada balita yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis sehingga balita terlalu pendek untuk usianya. Terjadi peningkatan kejadian stunting dari tahun 2020 sampai tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Pekauman Kota Banjarmasin. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 98 yang didapat dengan cara purposive sampling. Analisis ini dilakukan dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan proporsi responden yang stunting sebesar 46 (46,9%) dan yang tidak stunting sebesar 52 (53,1%). Analisis uji statistik menunjukkan berat badan lahir (p=0,025) ada hubungan dengan kejadian stunting pada balita, status ASI (p=0,017) ada hubungan dengan kejadian stunting pada balita, tingkat pendidikan ibu (p=0,020) ada hubungan dengan kejadian stunting pada balita, pemberian MP-ASI (p=0,000) ada hubungan dengan kejadian stunting pada balita dan pendapatan keluarga (p=0,004) ada hubungan dengan kejadian stunting pada balita. Diharapkan kepada puskesmas dan tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi atau penyuluhan mengenai stunting, pengetahuan gizi dan pola asuh. Diharapkan bagi masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat agar rutin memantau pertumbuhan anak ke posyandu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Faktor-faktor, Balita
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Nadia Meliani
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:20
Last Modified: 21 Nov 2022 05:20
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13079

Actions (login required)

View Item View Item