HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DENGAN KONDISI LINGKUNGAN RUMAH WARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LANDASAN ULIN TAHUN 2022

Windriani, Tyas (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DENGAN KONDISI LINGKUNGAN RUMAH WARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LANDASAN ULIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (103kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Incidence Rate (IR) DBD atau angka kesakitan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2020 yaitu 43% per 100.000 dengan total kasus sebanyak 1.753 kasus dan total kematian karena DBD sebanyak 23 kasus (CFR/angka kematian 1,3 %). Penyakit DBD sangat erat dengan kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dengan kondisi lingkungan rumah wargadi wilayah kerja Puskesmas Landasan Ulin Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, teknik sampling yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 99 kepala keluarga. Alat instrumen menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara pengetahuan dengan kondisi lingkungan rumah warga di wilayah Puskesmas landasan ulin ( P value = 0,016). serta terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kondisi lingkungan rumah warga di wilayah Puskesmas landasan ulin ( P value = 0,016). Disarankan bagi masyarakat agar lebih meningkatkan pengetahuan dengan berpartisipasi dalam penyuluhan kesehatan dan program-program pencegahan dan penanggulangan DBD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: DBD, Pengetahuan, Perilaku, Partisipasi, Lingkungan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Tyas Windriani
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:41
Last Modified: 03 Nov 2022 02:41
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13112

Actions (login required)

View Item View Item