Itsbat Nikah dan Implikasinya Terhadap Harta Bersama (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Martapura Nomor 864/Pdt.G/2021/PA.Mtp Jo. 56/Pdt.G/2021/PTA.Bjm)

Lestari, Noor Yulian Indah (2022) Itsbat Nikah dan Implikasinya Terhadap Harta Bersama (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Martapura Nomor 864/Pdt.G/2021/PA.Mtp Jo. 56/Pdt.G/2021/PTA.Bjm). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
3. pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
2. pengesahan skripsi.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana dampak dari pernikahan sirri yang dilakukan oleh masyarakat. Fenomena masyarakat yang berpendirian bahwa perkawinan hanya mengacu pada hukum Islam, untuk pencatatan tidak menjadi hal yang penting dalam keabsahan dan maslahah ke depannya. Penelitian ini adalah penelitian normativ dengan pendekatan perundang-undangan (statue approach). Konflik permasalahan yang dikaji dalam putusan Nomor 864/Pdt.G/2021/PA.Mtp jo. 56/Pdt.G/2021/PTA.Bjm yang mana putusan tersebut merupakan implikasi dari perkara Itsbat Nikah komulasi Cerai dimana alasan pengajuan gugatan tersebut Tergugat/Pembanding menilai bahwa Penggugat/ Terbanding tidak berhak atas harta bersama karena pernikahan Penggugat dan Tergugat adalah pernikahan sirri tidak di akui oleh nergara. Dari penelitian ini di peroleh hasil bahwa dalam perkara yang penulis teliti ini, hakim mewujudkan perlindungan terhadap hak perempuan dengan memberikan haknya atas harta bersama. Namun panjangnya proses persidangan hingga kesulitan eksekusi atas putusan yang telah inkracht membuat kemanfaatan atas hukum tersebut masih kurang berpihak kepada perempuan. Dalam hal ini, negara harus tegas dan hadir dalam membuat/merevisi regulasi tentang perkawinan utamanya tentang pernikahan sirri yang menjadi fenomena di masyarakat yang tidak hanya disebabkan karena kultur di masyarakat, tetapi karena adanya kesempatan untuk mengajukan pengesahan nikah. Regulasi yang menghukum secara administratif dan pidana bagi pelaku pernikahan siri, hingga tidak adanya ada kesempatan atau peluang terhadap pengesahan nikah. Dengan tidak adanya peluang pengesahan nikah, dan sanksi diharapkan bahwa hak-hak perempuan dan anak dapat dipelihara dan dilindungi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Itsbat Nikah; Harta Bersama; Putusan;
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Noor Yulian Indah Lestari
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:06
Last Modified: 15 Nov 2022 02:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item View Item