ANALISA PERBANDINGAN PEKERJAAN GALIAN BATUAN KERAS BENDUNGAN UTAMA DITINJAU DARI SEGI BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE PELEDAKAN (BLASTING) DAN EXCAVATOR HYDROLIC BREAKER PROYEK BENDUNGAN TAPIN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

Irfan, Muhammad (2022) ANALISA PERBANDINGAN PEKERJAAN GALIAN BATUAN KERAS BENDUNGAN UTAMA DITINJAU DARI SEGI BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE PELEDAKAN (BLASTING) DAN EXCAVATOR HYDROLIC BREAKER PROYEK BENDUNGAN TAPIN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (812kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (503kB)

Abstract

Bendungan merupakan bangunan yang dibangun melintang sungai untuk meninggikan muka air dan membuat tampungan air yang lazim disebut waduk. Pengertian bendungan tersebut ialah bendungan zonal yang zona kedap airnya terletak di dalam tubuh bendungan dengan kedudukan vertikal, biasanya inti tersebut terletak di atas fondasi batuan keras, massif dan fresh. Sehingga diperlukan metode galian yang efektif dan efisien dalam pelaksanaannya. Hal yang akan dilakukan adalah dengan melihat realisasi metode pelaksanaan pekerjaan yang kemudian akan dianalisa berdasarkan aspek ekonomi serta permasalahan yang ditimbulkan. Manfaat yang logis didapat dalam hal ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi biaya dan waktu pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan volume produksi, analisa biaya dan waktu produksi galian batuan keras dengan metode peledakan (blasting) dan metode alat mekanis (excavator hydrolic breaker). Metode penelitan menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis pekerjaan peledakan (blasting) dan excavator hydrolic breaker di lapangan. Jenis data yang digunakan sebagai perhitungan kuantitatif terdiri dari data geometri peledakan, bahan peledak, pengukuran (survey) volume galian excavator hydrolic breaker, analisa harga satuan peledakan (blasting) dan excavator hydrolic breaker. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan volume produksi galian batuan keras dengan metode peledakan (blasting) diperoleh produktivitas sebesar 157,5 m3 /jam atau 787,5 m3 /hari. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan volume produksi galian batuan keras dengan metode excavator hydrolic breaker diperoleh produktivitas sebesar 22,5 m3 /jam atau 180 m3 /hari dan berdasarkan hasil perhitungan analisa biaya dan waktu produksi galian batuan keras dengan metode peledakan (blasting) didapat jumlah harga untuk 1 kali peledakan sebesar Rp 177.663.742,99 dengan waktu 5 jam/ 1 hari kerja. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan analisa biaya dan waktu produksi galian batuan keras dengan metode excavator hydrolic breaker didapat dengan jumlah harga sebesar Rp 248.905.440,00 dengan waktu 8 jam/ 1 hari kerja. Dari perhitungan tersebut maka diketahui biaya untuk 1 m3 galian dengan metode peledakan (blasting) didapatkan harga Rp 225.604,753/m3 sedangkan untuk galian dengan metode excavator hydrolic breaker didapatan harga Rp 1.382.808,00. Berdasarkan data tersebut didapatkan rasio antara biaya galian metode peledakan (blasting) dan metode excavator hydrolic breaker adalah 1 : 6,129.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Blasting, Excavator Hydrolic Breaker, Cost and Time
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 12 Nov 2022 04:08
Last Modified: 12 Nov 2022 04:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

View Item View Item