HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN , PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN TINDAKAN PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI PUSKESMAS PEKAUMAN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022

Saputri, Misa Dianty (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN , PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN TINDAKAN PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI PUSKESMAS PEKAUMAN KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pdf ABSTRAK MISA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (226kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (246kB)

Abstract

Pengetahuan dan sikap tenaga kesehatan terhadap pengelolaan sampah medis sangatlah penting, karena akan berdampak pada lingkungan Puskemas itu sendiri. Terjadi peningkatan jumlah sampah medis dari tahun 2020 sampai tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan dan sikap dengan tindakan pengelolaan sampah medis di Puskesmas Pekauman Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dan sampel adalah seluruh tenaga kesehatan dengan jumlah 58 orang. Pengambilan dengan teknik total sampling. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan tindakan pengelolaan sampah medis p-value 0,403 > α = 0,05. Ada hubungan antara pengetahuan dengan tindakan pengelolaan sampah medis dengan nilai p-value 0,039 < α = 0,05. Ada hubungan antara sikap dengan tindakan pengelolaan sampah medis dengan nilai p-value 0,023 < α = 0,05. Diharapkan menyediakan sarana dan prasarana dan lebih meningkatkan lagi pada pengetahuan, sikap dan tindakan responden dengan mengadakan pelatihan atau training bagi petugas di Puskesmas Pekauman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap, Tindakan Pengelolaan Sampah Medis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Misa Dianty Saputri
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:12
Last Modified: 23 Nov 2022 03:12
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item