HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI UPT PUSKESMAS MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2022

Supiansyah, Rizki (2022) HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA TENAGA KESEHATAN DI UPT PUSKESMAS MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
AbstrakK.pdf

Download (320kB)

Abstract

Profesi kesehatan merupakan salah satu profesi yang paling rentan stres dan kelelahan karena mereka bertanggung jawab atas kehidupan manusia dan kurang tepatnya tindakan dapat berdampak serius pada pasien mereka. Salah satu faktor yang menyebabkan tenaga kesehatan cenderung mengalami stres kerja yaitu beban kerja yang berlebih sehingga dapat menimbulkan ganguan kesehatan. Gangguan yang dialami bisa berupa stres kerja yang berpengaruh terhadap kinerja tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Marabahan Kabupaten Barito Kuala Tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara beban kerja dan stres kerja dengan kinerja tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Marabahan Kabupaten Barito Kuala tahun 2022. Metode penelitian ini mengunakan survey analitik menggunakan desain cross sectional (potong silang) dengan sampel 39 orang tenaga kesehatan UPT Puskesmas Marabahan. Pengambilan sampel dengan cara total sampling dan Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden kinerjanya cukup 20 orang (51,3%). Sebagian besar beban kerja berat 21 orang (53,8%). Sebagian besar stres kerja sedang 22 orang (56,4%). Terdapat hubungan antara beban kerja dan stres kerja dengan kinerja tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Marabahan dengan nilai p value 0,002 dan dengan nilai p value 0,001. Diharapkan untuk tenaga kesehatan untuk lebih meningkatkan dan memperhatikan kompetensi pada tenaga kesehatan agar bisa menunjukkan hasil yang optimal dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kesehatan dalam melakukan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Stres Kerja, Kinerja Tenaga Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Rizki Supiansyah
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:27
Last Modified: 13 Dec 2022 03:27
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13494

Actions (login required)

View Item View Item