Penilaian Kualitas Layanan PLUT KUMKM Tabalong terhadap UMKM Mitra dengan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis

Muadzah, Muadzah and Sidiq, Rustam Penilaian Kualitas Layanan PLUT KUMKM Tabalong terhadap UMKM Mitra dengan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis. Prosiding Seminar Nasional Teknik Tahun 2022 (SENASTIKA 2022) Universitas Islam Kalimantan MAB. (Unpublished)

[img] Text
SN-01.pdf

Download (474kB)

Abstract

Ditetapkannya Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibukota negara baru, disambut baik oleh pemerintahan Kabupaten Tabalong. Tabalong mempersipkan diri menjadi pasar atau produsen untuk mesupplai kebutuhan ibu kota baru. Salah satu caranya adalah meningkatkan kapasitas UMKM di Tabalong. Pusat Layanan Usaha Terpadu atau yang sering disingkat dengan PLUT adalah salah satu program Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) untuk mendorong UKM naik kelas. Dalam upaya meningkatkan mendorong UMKM naik kelas, PLUT melakukan pendampingan dan mengadakan pelatihan bagi UMKM. PLUT KUMKM tidak lepas dari penilaian pelayanan yang nantinya akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dari tujuan PLUT didirikan. Maka, penelitian ini dilakukan di PLUT KUMKM yang bertujuan untuk mengukur kualitas pelayanan agar dapat mencapai kepuasan Mitra. Objek peneliatian ini adalah Mitra PLUT KUMKM Tabalong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil penilaian kualitas pelayanan, menunjukkan terdapat 3 faktor yang perlu ditingkatkan pelayanannya di PLUT KUMKM. Faktor tersebut adalah PLUT KUMKM Tabalong memiliki Ketersediaan Fasilitas Pendukung (Toilet, mushola, tempat cuci tangan dll), Petugas PLUT KUMKM Tabalong berpenampilan rapi dan profesional, dam Petugas merespon keluhan mitra dengan cepat, tepat dan efisien.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Publikasi dan Pengelolaan Jurnal
Date Deposited: 10 Dec 2022 02:18
Last Modified: 10 Dec 2022 02:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item View Item