PEMAKMURAN MASJID MELALUI PEMBERDAYAAN PENGURUS MASJID BESAR AL HIDAYAH DESA BAWAHAN PASAR KECAMATAN MATARAMAN KABUPATEN BANJAR

Hidayat, Muhammad (2022) PEMAKMURAN MASJID MELALUI PEMBERDAYAAN PENGURUS MASJID BESAR AL HIDAYAH DESA BAWAHAN PASAR KECAMATAN MATARAMAN KABUPATEN BANJAR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL 18510172 MUHAMMAD HIDAYAT.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (216kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemakmuran Masjid melalui Pemberdayaan Pengurus Masjid Besar Al Hidayah Desa Bawahan Pasar Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar. masjid ini termasuk masjid yang popular di kabupaten banjar, bahkan pada tanggal 25 Januari 2018 Mendapatkan sertifikat “Masjid Besar” dari Kantor wilayah kementerian agama provinsi Kalimantan selatan, Serta menyandang gelar “Masjid Ramah Anak pada tanggal 25 Maret 2020, Masjid ini juga menjadi tempat kegiatan agama, serta sosial, Masjid terbuka untuk musafir yang ber isitirahat bahkan menginap karena masjid buka 24 jam dan terbuka untuk siapa saja yang ini mengadakan akad nikah di masjid dan kelebihan nya masjid ini tidak mengharap imbalan sepeser pun. Sekarang Masjid ini sudah menyandang gelar “Masjid Besar” tentunya para pengurus harus mengoptimalkan lagi dan mempertahankan popularitas masjid ini sehingga tetap menjadi masjid yang rapi serta bersih. Rumusan masalah yang diangkat adalah Bagaimana Peran Pengurus dalam memakmurkan Masjid Besar Al Hidayah Desa Bawahan Pasar Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar? Bagaimana Pemberdayaan Pengurus Masjid Besar Al Hidayah Desa Bawahan Pasar Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar? Apa faktor penghambat program pemberdayaan pengurus dalam pemakmuran Masjid Besar Al Hidayah Desa Bawahan Pasar Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar?. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa waawancara kepada pengurus masjid. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan hasil penelitian sesuai atau relevan dengan teori yang ada pada skripsi ini. Dan peran masyarakat sangat berpengaruh terhadap kemakmuran suatu masjid. Kata kunci: Pemakmuran, Masjid, Pemberdayaan, Pengurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemakmuran, Masjid, Pemberdayaan, Pengurus.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Muhammad Hidayat
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:07
Last Modified: 15 Dec 2022 06:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item View Item