HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP PELAKSANAAN PROMOSI KESEHATAN DI RS. BHAYANGKARA TK. III BANJARMASIN TAHUN 2022

Anggraini, Sulistia (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP PELAKSANAAN PROMOSI KESEHATAN DI RS. BHAYANGKARA TK. III BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Skripsi.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (446kB)

Abstract

Pelaksanaan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di RS. Bhayangkara Tk. III Banjarmasin, Berdasarkan dari data studi pendahuluan kegiatan promosi kesehatan rumah sakit di RS. Bhayangkara Tk. III Banjarmasin tidak terlaksana secara rutin dikarenakan petugas kesehatan telah memiliki tugas dan fungsinya masing-masing diluar dari bidang Promosi Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan petugas kesehatan terhadap pelaksanaan promosi kesehatan rumah sakit di RS. Bhayangkara Tk. III Banjarmasin Tahun 2022. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 48 responden petugas kesehatan pada bagian pendaftaran, rawat jalan (poliklinik) dan rawat inap. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar responden menyatakan terlasana sebanyak 41 responden (85,4%), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value = 0,111) dan tindakan (p-value = 0,080) dengan pelaksanaan promosi kesehatan, dan terdapat hubungan antara sikap (p-value = 0,004) dengan pelaksanaan promosi kesehatan di RS. Bhayangkara Tk. III Banjarmasin Tahun 2022. Disarankan bagi instansi untuk tetap melaksanakan promosi kesehatan rumah sakit secara rutin dengan pengetahuan yang baik dan sikap yang positif kepada pasien, keluarga pasien serta pengunjung rumah sakit.n.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Promosi Kesehatan, Pengetahuan, Sikap, Tindakan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Sulistia Anggraini
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:10
Last Modified: 20 Dec 2022 02:10
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item