TINJAUAN ETIKA PEMASARAN DALAM ISLAM UNTUK STRATEGI PEMASARAN PRODUK HERBAL SKINCARE DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Tim Kemitraan SR12 Desa Sungai Tuan Kecamatan Astambul)

Kamaliah, Nur Syifa (2022) TINJAUAN ETIKA PEMASARAN DALAM ISLAM UNTUK STRATEGI PEMASARAN PRODUK HERBAL SKINCARE DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada Tim Kemitraan SR12 Desa Sungai Tuan Kecamatan Astambul). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Munculnya bisnis berbasis kemitraan membuat para pelaku bisnis hanya mementingkan target pasar dan melupakan etika bisnis Islam dalam aspek pemasarannya. SR12 Herbal skincare merupakan brand kosmetik halal dengan sistem kemitraan dan telah tersebar diseluruh Indonesia, termasuk di Kecamatan Astambul. Penelitian ini membahas permasalahan bagaimana strategi pemasaran produk SR12 Herbal skincare yang diterapkan tim kemitraan SR12 Desa Sungai Tuan Kecamatan Astambul dan bagaimana tinjauan etika pemasaran Islam terhadap strategi pemasaran produk SR12 Herbal skincare yang diterapkan tim kemitraan SR12 Desa Sungai Tuan Kecamatan Astambul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dan tinjauan etika pemasaran Islam terhadap strategi pemasaran yang diterapkan tim kemitraan SR12 Desa Sungai Tuan. Metode kualitatif yang bersifat deskriptif digunakan sebagai metode penelitian dan dengan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Populasi penelitian adalah Leader dan tiga belas orang anggota tim. Sampel penelitian yaitu leader tim kemitraan SR12 Desa Sungai Tuan. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang diterapkan yaitu melakukan promosi rutin melalui media sosial, Menerapkan pembagian harga produk menjadi tiga bagian, menjadikan rumah sebagai homestore dan menerapkan sesi konsultasi kepada calon konsumen sebelum membeli produk SR12. Kemudian setelah melakukan analisis SWOT, bisnis SR12 Herbal skincare berada pada Kuadran Strategi growth maka Strategi SO sangat tepat digunakan. Tim kemitraan SR12 Desa Sungai Tuan ini telah memenuhi Etika pemasaran dalam Islam dan Prinsip etika bisnis Islam Namun belum sepenuhnya meneladani empat sifat Rasulullah SAW dalam berbisnis. Kata Kunci: Etika Pemasaran Islam, Herbal skincare, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika Pemasaran Islam, Herbal skincare, Strategi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Nur Syifa Kamaliah
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:09
Last Modified: 15 Dec 2022 06:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

View Item View Item