PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM FUNDRAISING ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA BANJARBARU

Febrianty, Putri Andelika (2022) PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM FUNDRAISING ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (Putri Andelika).pdf

Download (320kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi (Putri Andelika).pdf

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang pesat telah mempengaruhi perkembangan sistem pembayaran, kemajuan teknologi dalam transaksi pembayaran kini telah merambah ke pembayaran non tunai yang lebih efisien dan ekonomis. BAZNAS Kota Banjarbaru memanfaatkan teknologi digital dalam memudahkan para muzakki munfiq untuk melakukan fundraising dana zakat, infak, dan sedekah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peran teknologi digital dalam fundraising dana zakat, infak, sedekah dan bagaimana keberhasilan dan kendala yang dihadapi BAZNAS Kota Banjarbaru dalam fundraising menggunakan teknologi digital. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah ketua, staf pengumpulan dana dan staf keuangan BAZNAS Kota Banjarbaru, dan masyarakat pengguna layanan digital. Hasil dari penelitian ini adalah peran teknologi digital sangatlah membantu dalam fundraising dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS). BAZNAS Kota Banjarbaru menggunakan instagram, facebook, whatsapp sebagai laman informasi, dan QRIS, m-Banking, nomor rekening sebagai sistem pembayaran. Keberhasilan dengan diterapkannya fundraising melalui teknologi digital yaitu memudahkan para donatur yang ingin berdonasi bisa di mana pun dan kapan saja, menghemat waktu, dan efektif. Kendala yang dihadapi BAZNAS dalam yaitu masih banyak masyarakat yang asing terhadap teknologi, rendahnya kesadaran masyarakat, kendala saat staf keuangan mendata pelaporan pengumpulan dana, dan sosialisasi yang tidak tercapai. Kata Kunci: Teknologi Digital, Penghimpunan ZIS, BAZNAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Digital, Penghimpunan ZIS, BAZNAS.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Putri Andelika Febrianty
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:03
Last Modified: 15 Dec 2022 06:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13596

Actions (login required)

View Item View Item