PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (e-WALLET) TERHADAP POLA KONSUMSI NON FOOD DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa UNISKA Program Studi Ekonomi Syariah)

Faridayanti, Faridayanti (2022) PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (e-WALLET) TERHADAP POLA KONSUMSI NON FOOD DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa UNISKA Program Studi Ekonomi Syariah). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Lembar pengesahan skripsi_1_1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian skripsi(3)_1.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penggunaan dompet digital saat ini sangat marak digunakan, terutama pada pemuda diperkotaan. Dompet digital (e-wallet) merupakan budaya masyarakat baru dalam bertransaksi secara cashless. Penggunaan e-wallet dengan persepsi kemudahan, manfaat, keamanan serta diskon memicu peningkatan pada pola konsumsi, terutama konsumsi non food. Dengan rumusan masalah mengenai bagaimana pengaruh penggunaan dompet digital terhadap pola konsumsi non food. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dompet digital terhadap pola konsumsi non food dalam perspektif ekonomi syariah. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan memerlukan 81 responden yang merupakan mahasiswa ekonomi syariah pengguna/pernah menggunakan dompet e-wallet. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan teknik insidental sampling. Hasil data yang didapat akan dianalisis secara deskriptif statistik dan analisis regresi linier sederhana. Analisis ini nilai T hitung sebesar 7,774 yang lebih besar dari T tabel 1,991 serta nilai Sig. 0,000 lebih besar yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian e-wallet berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi non food. Adapun dalam pandangan Ekonomi Syariah, peningkatan atas konsumsi dapat menyebabkan sifat Ishraf dan Mubadzir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dompet Digital (e-wallet), Pola Konsumsi Non Food, Ekonomi Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Faridayanti
Date Deposited: 17 Dec 2022 01:36
Last Modified: 17 Dec 2022 01:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13598

Actions (login required)

View Item View Item