HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERAN KADER TERHADAP KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAHAUR HILIR KABUPATEN PULANG PISAU

Nur'avia, Nur'avia (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERAN KADER TERHADAP KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAHAUR HILIR KABUPATEN PULANG PISAU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Keaslian Penelitian.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (78kB)
[img] Text
File pdf abstrak.pdf

Download (915kB)

Abstract

Data WHO pada tahun 2018 ada sekitar 20 juta anak di dunia yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap, bahkan ada yang tidak mendapatkan imunisasi sama sekali. Untuk mendapatkan kekebalan komunitas (Herd Immunity) dibutuhkan cakupan imunisasi yang tinggi (paling sedikit 95%) dan merata. Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) hingga 11 bulan tidak cukup untuk memberikan pelindungan yang optimal. Imunisasi lengkap yaitu keadaan jika seorang anak memperoleh imunisasi rutin secara lengkap mulai dari IDL pada usia 0-11 bulan, imunisasi lanjutan berupa DPT-HB-Hib dan Campak Rubela pada usia 18 bulan, Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan peran kader terhadap kelengkapan imunisasi dasar lengkap di wilayah kerja Puskesmas Bahaur Hilir kabupaten Pulang Pisau. Berdasarkan hasil persentase dari Wilayah Kerja Puskesmas Bahaur Hilir Kabupaten Pulang Pisau yaitu populasi jumlah ibu yang mempunyai balita usia 11-49 bulan sebanyak 250 responden dengan sampel sebanyak 72 responden menggunakan metode uji Chi-square dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan kelengkapan imunisasi dasar lengkap sebagian besar dengan kategori tidak lengkap sebanyak 61 responden (84,7%), pengetahuan responden sebagian besar kurang sebanyak 42 responden (58,3), sikap ibu sebagian besar dengan kategori positif sebanyak 68 responden (94,4%), peran kader sebagian besar berperan sebanyak 5 (6,94%). Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kelengkapan imunisasi dasar lengkap (p-value = 0,000), Tidak ada hubungan signifikan antara sikap ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar lengkap (p-value = 0,382), Peran Kader dengan kelengkapan imunisasi dasar lengkap (p-value = 5). Diharapkan ibu memberikan imunisasi dasar lengkap secara lengkap agar balita terhindar dari penyakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan, Pengetahuan, Sikap, Peran kader, Imunisasi Dasar Lengkap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Nur'avia
Date Deposited: 15 Dec 2022 05:04
Last Modified: 25 Oct 2023 06:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item