PERANCANGAN ALAT UKUR VOLUME DAN MASSA MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK DAN SENSOR LOAD CELL BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS)

Padel, M (2022) PERANCANGAN ALAT UKUR VOLUME DAN MASSA MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK DAN SENSOR LOAD CELL BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (35kB)

Abstract

Pada jasa pengiriman terdapat dua cara penghitungan berat paket, yaitu penghitungan berat sesungguhnya atau berat aktual, dan volume. Berat sesungguhnya atau berat aktual adalah berat yang diperoleh dari hasil penimbangan dengan menggunakan alat ukur berupa timbangan analog maupun timbangan digital. Sedangkan volume adalah ukuran yang didapat dari hasil penghitungan dengan menggunakan ukuran volume yang diperoleh dengan cara perkalian nilai panjang, lebar dan tinggi paket. Adapun tujuannya adalah untuk merancang alat ukur volume dan massa menggunakan sensor ultrasonik dan sensor load cell berbasis IOT (internet of things). Metode uji kinerja alat dengan cara membandingkan dengan pengukuran manual dengan pengukuran menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 dan sensor load cell. Perancangan alat ukur volume dan massa bekerja dengan baik dan sesuai dengan fungsinya dalam mengukur volume (panjang, lebar, dan tinggi) dan massa (Kg). Dari pengujian ultrasonik HC-SR04 terdapat beberapa selisih dari pengujian pengukuran manual sebesar 0% - 13,45%, sama halnya juga dengan pengujian timbangan manual dengan menggunakan sensor load cell terdapat hasil selisih pengukuran manual dengan sensor load cell sebesar 0% – 0,81% dalam melakukan pengukuran selama 5 (lima) kali percobaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat ukur , Volume, Massa, IOT.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: M. Padel
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:05
Last Modified: 15 Dec 2022 02:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item