Peran Bahasa Dan Model Komunikasi Pelayanan Rumah Sakit Pada Masyarakat Multietnis (Studi Fenomenologi Di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas)

Subroto, Popo (2022) Peran Bahasa Dan Model Komunikasi Pelayanan Rumah Sakit Pada Masyarakat Multietnis (Studi Fenomenologi Di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Tesis.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Tesis.pdf

Download (31kB)

Abstract

Komunikasi kesehatan kepada pasien menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami dalam memberikan suatu pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit merupakan hal utama dalam menjaga mutu atau kualitas dari sebuah institusi yang bergerak pada bidang jasa pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran bahasa dan model komunikasi pelayanan rumah sakit pada masyarakat multietnis (studi fenomenologi di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas). Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, antara lain ditemukan bahwa Peran bahasa dalam komunikasi pelayanan kesehatan pada masyarakat multietnis di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sangat berperan penting sebagai media atau alat berkomunikasi yang efektif terutama komunikasi dari perawat kepada pasien untuk menyamakan persepsi atau pemahaman dalam hal berinteraksi menggunakan Bahasa Dayak, Bahasa Banjar, dan Bahasa Jawa yang digunakan mayoritas masyarakat di Kabupaten Kapuas. Didapatkan pula beberapa macam hambatan dalam proses komunikasi pelayanan kesehatan pada masyarakat multietnis di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmdjo, antara lain Process Barrier berupa hambatan proses dari pihak komunikator (sender barrier) terkait kemampuan atau skill pihak pemberi pesan, Physical Barrier berupa hambatan kondisi fisik yang dapat menghambat komunikasi yang efektif seperti pada pasien lanjut usia atau geriatri, Semantik Barrier berupa hambatan perbedaan pengertian dan pemahaman antara pemberi pesan dan penerima tentang satu bahasa atau lambang, dan Psychosocial Barrier berupa adanya hambatan perbedaan yang cukup lebar dalam aspek kebudayaan, adat istiadat, kebiasaan, persepsi dan nilai-nilai yang dianut sehingga kecenderungan, kebutuhan serta harapan-harapan dari kedua belah pihak yang berkomunikasi juga berbeda. Adapun model komunikasi pelayanan rumah sakit pada masyarakat multietnis di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang ditemukan adalah Model Komunikasi Interaksi King, karena model komunikasi ini mencakup pada Aksi, Reaksi, Interaksi, serta Transaksi. Aksi merupakan proses awal hubungan antara perawat dan pasien, Reaksi berupa respon tindakan akibat proses dari aksi, Interaksi berupa komunikasi yang dinamis antara perawat dan pasien, serta menjalin Transaksi (hubungan relationship dan timbal balik / feedback) berupa kesepakatan dari hasil komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Bahasa, Model Komunikasi, Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit, Masyarakat Multi Etnis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Popo Subroto
Date Deposited: 24 Dec 2022 01:33
Last Modified: 24 Dec 2022 01:33
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item