HUBUNGAN PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PEMANFAATAN KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TERMINAL KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022

Sania, Ellenia Rutce Fatwa (2022) HUBUNGAN PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PEMANFAATAN KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TERMINAL KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Uniiversitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
artikel ellen fiks (1)-1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (256kB)

Abstract

Berdasarkan data BPJS Kesehatan di Puskesmas Terminal jumlah kepersertaan JKN di tahun 2021 berjumlah 7.459 jiwa dengan persentase 33,45%. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis hubungan pendidikan, pengetahuan dan kualitas pelayanan dengan pemanfaatan jaminan kesehatan nasional di wilayah kerja Puskesmas Terminal Kota Banjarmasin Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan populasi sebanyak 7.459 jiwa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan (p=0,000), kualitas pelayanan (p=0,000) dengan pemanfaatan JKN, tidak ada hubungan antara pendidikan (p=0,055) dengan pemanfaatan JKN, disarankan puskesmas Terminal dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dalam segi sarana dan prasarana, menyelenggarakan sosialisasi dan penyuluhan sehingga masyarakat dapat lebih mudah memahami alur dan sistematika JKN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Kartu JKN, Pendidikan, Pengetahuan, Kualitas Pelayanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Ellenia Rutce Fatwa Sania
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:38
Last Modified: 21 Dec 2022 02:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13676

Actions (login required)

View Item View Item