FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA KLINIK BASECAMP PT KIDECO KECAMATAN BATU SOPANG

YENI, HENI (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA KLINIK BASECAMP PT KIDECO KECAMATAN BATU SOPANG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Yeni.pdf

Download (870kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (60kB)
[img] Text
artikelI.pdf

Download (71kB)

Abstract

Kejadian ISPA di wilayah kerja Klinik BaseCamp PT Kideco Jaya Agung yang terjadi di masyarakat terutama pada balita baik dari penyebab, gejala serta pengobatannya. Beberapa gejala seperti hidung tersumbat, batuk, suara serak dan demam. Tujuan penelitian mengetahui hubungan pengetahuan ibu, umur balita, status imunisasi dan kebiasaan merokok dengan kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) anak balita 1-5 tahun di wilayah kerja Klinik BaseCamp PT kideco Jaya Agung tahun 2021. Penelitian ini menggunakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sasaran balita 1-5 tahun sebanyak 88 balita.Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrument penelitian dilakukan dengan wawancara melalui kuesioner. Hasil analisis univariat balita yang tidak mengalami ISPA 53 orang (39,8%), ibu yang memiliki pengetahuan baik 38 orang (43,2%), Umur balita >2 tahun 56 orang (63,6%), status imunisasi dasar balita lengkap 54 orang (61,4%), Anggota keluarga yang merokok 50 orang (56,8%). Berdasarkan uji statistik ada hubungan pengetahuan ibu (p-value = 0,001), ada hubungan status imunisasi (p-value = 0,000), tidak ada hubungan umur balita (p- value = 0,088), ada hubungan kebiasaan merokok (p-value = 0,014) dengan kejadian ISPA pada balita. Bagi Klinik Base Camp PT Kideco Jaya Agung diharapkan lebih meningkatkan program kesehatan khususnya program pemberantasan penyakit ISPA dapat lebih diperbaiki dan memberikan penyuluhan mengenai bahaya asap rokok terhadap balita dan faktor-faktor yang dapat menyebabkan ISPA sehingga dapat mengurangi kejadian terjadinya penyakit ISPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, status imunisasi, kebiasaan merokok, ISPA
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Heni Yeni
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:26
Last Modified: 21 Dec 2022 05:26
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13749

Actions (login required)

View Item View Item