UJI EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN PUTRI MALU (Mimosa Pudica Linn) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI DI LABORATORIUM BALAI LITBANG KESEHATAN TANAH BUMBU

Baiti, Noor (2022) UJI EFEKTIVITAS PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN PUTRI MALU (Mimosa Pudica Linn) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI DI LABORATORIUM BALAI LITBANG KESEHATAN TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
keaslian skripsi.pdf

Download (868kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ARTIKEL NOOR BAITI (18070416)._removed.pdf

Download (129kB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang melalui vektor penularan utamanya adalah nyamuk betina Aedes aegypti yang sering ditemukan didaerah tropis dan sub tropis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase kematiaan larva, perbedaan rerata kematian larva Aedes aegypti serta mengetahui persentase Lethal Time (LT50 dan LT99) dan Lethal Concentration (LC50 dan LC99).Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Balai Litbang Kesehatan Tanah Bumbu. Jenis penelitian ini adalah penelitian True Ekperimental Design dengan Posttest Olny Control Group Desaign. Total jumlah larva Aedes aegypti yang di uji adalah sebanyak 720 ekor. Pengujian untuk larva Aedes aegypti pada ekstrak daun putri malu (Mimosa Pudica Linn) pada kosentrasi 17% (17ml/100ml). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari Uji Kruskal Wallis pada pengukuran dari 1 jam sampai 24 jam terdapat perbedaan yang secara signifikan (<0,05) rerata kematian larva. Hasil dari Uji Probit Lethal Time (LT) menunjukan bahwa konsentrasi ekstrak daun putri malu (Mimosa Pudica Linn) 17% diperlukan waktu 13,967 jam dalam mematikan 50% sedangkan 40,874 jam dalam mematikan 99% larva. Sedangkan Lethal Concentration (LC) menunjukkan bahwa yang diperlukan untuk konsentrasi yaitu 2,642% untuk mematikan 50% larva dan 4,714% untuk mematikan 99% larva Aedes aegypti. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar dapat mengembangkan ekstrak daun putri malu jika diaplikasikan ke air agar tidak berwarna dan tidak berbau tetapi tidak menghilangkan kandungan senyawa aktif yang terdapat pada ekstrak daun putri malu (Mimosa Pudica Linn).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: DBD; Daun Putri Malu; Aedes aegypti; Konsentrasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Noor Baiti
Date Deposited: 02 Jan 2023 05:06
Last Modified: 02 Jan 2023 05:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13756

Actions (login required)

View Item View Item