PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI BUNGA MELATI TERHADAP PELAKSANAAN PENYULUHAN DI DESA TAMBAK SARINAH KECAMATAN KURAU KABUPATEN TANAH LAUT

Nazjad, Asidah (2022) PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI BUNGA MELATI TERHADAP PELAKSANAAN PENYULUHAN DI DESA TAMBAK SARINAH KECAMATAN KURAU KABUPATEN TANAH LAUT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK Asidah Nazjad.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Pengesahan Asidah.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Pernyataan plagiat.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden, partisipasi kelompok wanita tani dalam pelaksanaan penyuluhan, dan permasalahan yang dihadapi anggota kelompok wanita tani bunga melati di Desa Tambak Sarinah Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode sensus menggunakan kuesioner dan wawancara, dengan responden seluruh anggota kelompok tani wanita yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan Partisipasi wanita tani bunga melati pada kegiatan penyuluhan di desa Tambak Sarinah Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut di antaranya: 1) Patisipasi dalam Pengambilan Keputusan diperolah skor sebanyak 602 masuk dalam kategori berpartisipasi, 2) Partisipasi dalam Pelaksanaan diperolah skor sebanyak 614 masuk dalam kategori berpartisipasi, 3) Partisipasi dalam Pengambilan Manfaat diperolah skor sebanyak 620 masuk dalam kategori berpartisipasi, dan 4) Partisipasi dalam Evaluasi diperolah skor sebanyak 618 masuk dalam kategori berpartisipasi. Permasalahan yang di hadapi Kelompok Wanita Tani Bunga Melati, ketika pemerintah memberikan bantuan keuangan kepada ketua kelompok Wanita Tani Bunga Melati, anggota mengira bahwa bantuan pemerintah diberikan secara percuma, padahal ketua kelompok bertanggung jawab atas uang tersebut untuk pembelian alat-alat keperluan usaha tani kelompok. Aktivitas penyuluh pertanian dinilai sebagai indikator yang baik, karena sesuai dengan hasil analisis bahwa tingkat partisipasi kelompok dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, penerimaan dan evaluasi dinilai sebagai “partisipasi”, di mana kualitas kontribusi atau partisipasi dalam pengambilan manfaat lebih dominan atau lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Kelompok Wanita Tani, Penyuluhan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Asidah Nazjad
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:18
Last Modified: 21 Dec 2022 05:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

View Item View Item