PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica val) DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMANS AYAM PETELUR STRAIN ISA BROWN UMUR 70 MINGGU

Abelina, Nediauka (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma domestica val) DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMANS AYAM PETELUR STRAIN ISA BROWN UMUR 70 MINGGU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin.

[img] Text
Abel Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Image
Abel Pengesahan.jpg

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Abel Plagiasi.jpg

Download (53kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis pengaruh penambahan tepung kunyit (Curcuma domestica Val) dalam ransum terhadap performans ayam petelur strain Isa Brown umur 70 minggu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan langkah Rancangan Acak Lengkap (RAL) lima perlakuan dan empat kali ulangan dengan setiap ulangan . Jumlah ayam yang digunakan yaitu sebanyak 40 ekor dengan masing-masing ulangan sebanyak ekor dan menggunakan tepung kunyit sebanyak 700 gram. Perlakuan yang diberikan pada sampel yaitu P0 = Ransum tanpa pemberian tepung kunyit (kontrol), P1 = ransum dengan pemberian tepung kunyit 0.3%, P2 = ransum dengan pemberian tepung kunyit 0,5%, P3 = ransum dengan pemberian tepung kunyit 0,7% dan perlakuan P4 = ransum dengan pemberian tepung kunyit 0,9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung kunyit dalam ransum ayam petelur strain Isa Brown berpengaruh terhadap performans ayam. Kesimpulan dari penelitian yaitu pemberian tepung kunyit dengan persentase 0,7% dalam pakan ayam petelur Isa Brown umur 70 minggu paling baik terhadap konsumsi ransum, HDP, bobot telur dan konversi pakan . Kata kunci : Pemberian Tepung Kunyit, Performans Ayam Petelur, Strain Isa Brown, Konversi pakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Tepung Kunyit, Performans Ayam Petelur, Strain Isa Brown, Konversi pakan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Syahrian Nur
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:24
Last Modified: 21 Dec 2022 04:24
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item