APLIKASI PELAYANAN BALIK NAMA DAN MUTASI KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS WEB PADA SAMSAT BANJARMASIN II

Hikamy, Muhammad Dzurrafiq (2022) APLIKASI PELAYANAN BALIK NAMA DAN MUTASI KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS WEB PADA SAMSAT BANJARMASIN II. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (310kB)

Abstract

SAMSAT Banjarmasn II adalah instansi pemerintah dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor. SAMSAT Banjarmasn II mendapatkan tugas dalam mengurusi surat-surat kelengkapan dan kepemilikan administrasi kendaraan bermotor khusus pada wilayah pelayanan yang terbagi kepada 3 kecamatan di Banjarmasin yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara, Kecamatan Banjarmasin Tengah dan Kecamatan Banjarmasin Barat. Pengelolaan data sangatlah penting untuk suatu instansi, dalam hal ini SAMSAT Banjarmasin II pada pelayanan balik nama untuk melakukan pendataan berkas pajak masuk sebelum diproses oleh petugas saat ini masih sangat sederhana dan manual dengan melakukan pendataan pada sebuah buku besar yang mengakibatkan proses pendataan yang lama dan saat melakukan pencarian informasi lebih lama karena mencari satu demi satu data yang sudah di catat dan untuk pembuatan laporan masih sederhana, belum ada laporan yang mencakup data sesuai filter periode pengurusan pajak masuk. Maka perlu dibangun aplikasi dengan judul penelitian “Aplikasi Pelayanan Balik Nama Dan Mutasi Kendaraan Bermotor Berbasis Web Pada Samsat Banjarmasin II” dengan metode yang digunakan adalah metode waterfall yang bersifat sistematis dan berurutan dalam membangun aplikasi. Pada pembuatan aplikasi ini menggunakan visual studio code dan PHP sebagai bahasa pemrogramannya. Dengan adanya Aplikasi Pelayanan Balik Nama Kendaraan Bermotor Berbasis Web pada SAMSAT Banjarmasin II diharapkan dapat memudahkan petugas pelayanan balik nama dan mutasi kendaraan bermotor dalam mengolah data pajak masuk dan mencetak laporan-laporan seperti laporan data petugas BBNKB, laporan data balik nama, laporan data mutasi keluar/masuk, laporan data duplikat STNK, laporan data pajak kosong, laporan data pajak rusak, laporan data surat pindah Banjarmasin I dan laporan data surat pindah Banjarmasin II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pelayanan Balik Nama, Mutasi Kendaraan Bermotor, Surat Pindah, Samsat Banjarmasin II, STNK
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Muhammad Dzurrafiq Hikamy
Date Deposited: 24 Dec 2022 02:29
Last Modified: 24 Dec 2022 02:29
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item View Item