FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DI DESA TATAH PEMANGKIH LAUT KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

Ariani, Rizkhah (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DI DESA TATAH PEMANGKIH LAUT KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI RIZKHAH.pdf

Download (183kB)
[img] Text
CamScanner 12-23-2022 10.53.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ARTIKEL RIZKHAH .pdf

Download (286kB)

Abstract

Saat ini, kepemilikan jamban sehat sangat penting untuk mencapai sanitasi yang baik dan perumahan yang sehat di masyarakat.Jumlah rumah yang tidak memiliki jamban sehat meningkat menjadi 131 pada tahun 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kesehatan toilet. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi dengan sampel sebanyak 87 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik chi-square. Variabel terikat adalah kepemilikan jamban sehat, dan variabel bebas adalah sikap, status ekonomi, perilaku buang air besar sembarangan, dan kondisi lingkungan. Hasil penelitian ini menyatakan ada hubungan antara sikap buang air besar sembarangan dengan kepemilikan jamban sehat yang dibuktikan dengan p-value sebesar 0,000. Tidak ada hubungan antara status ekonomi dengan memiliki jamban sehat, dibuktikan dengan p-value 0,274. Ada hubungan antara perilaku BAB dengan kepemilikan jamban sehat yang dibuktikan dengan p-value sebesar 0,000. Dan ada hubungan antara kondisi lingkungan dengan memiliki jamban sehat, dibuktikan dengan p-value 0,000. Dengan membangun jamban sehat dan meningkatkan pengetahuan tentang penggunaannya, diharapkan masyarakat dapat mengubah perilaku buang air besar sembarangan. Currently, ownership of healthy latrines is very important to achieve good sanitation and healthy housing in the community. The number of houses that do not have healthy latrines increases to 131 by 2022. The purpose of this study is to explain what factors are related to health. toilet. This type of research is quantitative with a cross sectional approach using data collection techniques using questionnaires and observations with a sample of 87 respondents. The analysis in this study used the chi-square statistical test. The dependent variable is ownership of healthy latrines, and the independent variables are attitudes, economic status, open defecation behavior, and environmental conditions. The results of this study stated that there was a relationship between open defecation attitudes and ownership of healthy latrines as evidenced by a p-value of 0.000. There is no relationship between economic status and having a healthy latrine, as evidenced by a p-value of 0.274. There is a relationship between defecation behavior and healthy latrine ownership as evidenced by a p-value of 0.000. And there is a relationship between environmental conditions and having a healthy latrine, as evidenced by a p-value of 0.000. By building healthy latrines and increasing knowledge about their use, it is hoped that people can change their open defecation behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Jamban Sehat, Ekonomi, Sikap, Perilaku, Kondisi Lingkungan, Buang Air Besar Sembarangan KEPUSTAKAAN : 39 (2001-2021) Healthy latrine ownership, economy, attitude, behavior, environmental conditions, open defecation LIBRARY : 39 (2001-2021)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Rizkhah Ariani
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:55
Last Modified: 23 Dec 2022 02:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item