Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus : Bawaslu Kabupaten Banjar)

Anugrah, Amalia Rezka (2022) Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus : Bawaslu Kabupaten Banjar). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (226kB)

Abstract

Salah satu tugas negara demokrasi mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah. Pilkada termasuk dalam ketentuan Pemerintah Daerah yang dipilih secara demokratis. Menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Bawaslu, khususnya Bawaslu Kabupaten Banjar, dalam melakukan pengawasan pemilihan kepala daerah di tengah Pandemi Covid-19. Pengawasan pilkada tahun 2020 berbeda dari tahun sebelumnya karena pilkada harus diimplementasikan sesuai dengan protokol kesehatan. Oleh karena itu Bawaslu Kabupaten Banjar perlu melakukan tahapan strategis dalam pengawasan pemilihan. Fokus utama dalam penelitian ini yakni menganalisis pola pengawasan dan jenis ketidaktaatan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Banjar pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sosiologis empiris, yang bersifat kualitatif. Penelitian dilakukan langsung di Bawaslu Kabupaten Banjar. Populasi dalam penelitian iniadalah Komisioner dan semua Staf Bawaslu Kabupaten Banjar. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonrandom sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan face to face interview. Analisis data yang didapatkan dilakukan dengan cara analisis kualitatif. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pola pengawasan pada pemilihan Bupati dan Wakabup KabupatenBanjar cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ketika masa pandemi Covid-19 yang mana harus menghormati dan menerapkan protokol kesehatan dan dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur serta regulasi yang sudah ditetapkan. Jenis pelanggaran yang terjadi tidak hanya pada pelanggaran administratif namun juga pelanggaran pidana, kode etik, dan pelanggaran hukum lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bawaslu Kabupaten Banjar, Pandemi Covid-19, Pengawasan Pilkada.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
K Law > KF United States Federal Law
Depositing User: Amalia Rezka Anugrah
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:32
Last Modified: 22 Dec 2022 03:32
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13819

Actions (login required)

View Item View Item