ANALISIS ETOS KERJA PARA PEDAGANG DI SEKITAR MAKAM SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT

Ervina, Erma (2022) ANALISIS ETOS KERJA PARA PEDAGANG DI SEKITAR MAKAM SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File PDF Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (192kB)

Abstract

Etos kerja ialah semangat kerja seseorang yang menjadikan titik fokus atau ciri khas seseorang atau kelompok yang bekerja, yaitu dengan berlandaskan etika serta perspektif kerja yang diyakini oleh seseorang dan diwujudkan melalui tekad dan prilaku didunia kerja. Dalam dunia kerja harusnya memahami etos kerja serta mengimplementasikan dalam usaha perdagangan agar dapat mengembangkan usahanya serta meningkatkan ekonomi pedagang. Rumusan masalah dari penelitian kali ini membahas mengenai permasalahan bagaimana etos kerja pedagang disekitar Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari serta bagaimana kesejahteraan ekonomi masyarakat disekitar Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana etos kerja pedagang dan bagaimana kesejahteraan ekonomi. Metode penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah pedagang Aksesori disekitar Makam, menggunakan sampel yaitu 10 orang pedagang yaitu dengan metode Purposive Sampling, instrumen penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa : 1. Para pedagang sudah memahami etos kerja, dalam implementasi sudah baik hanya saja satu yang kurang yaitu semua pedagang tidak memanfaatkan waktu atau tidak kecanduan akan waktu 2. Kesejahteraan ekonomi masyrakat tidak terlalu meningkat karena ada faktor yang berhubungan dengan rumusan pertama tidak memanfaatkan waktu jadi berpengaruh kepada ekonomi pedagang serta masyarakat sekitar. Dalam pandangan Ekonomi Islam waktu ialah sebagai perkara penting serta mendasar sehingga apabila tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, maka kerugian yang didapat oleh pedagang . Lebih dari kerugian materi, yaitu berakibat terbengkalainya sisi akhirat seorang hamba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Islam, Etos Kerja, Pedagang Eksesori
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Erma Ervina
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:07
Last Modified: 11 Jan 2023 06:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13834

Actions (login required)

View Item View Item