EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA KOREA (PENELITIAN PADA MENFESS @BAKORFESS)

Pujiyanti, Larasati Sangga (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA KOREA (PENELITIAN PADA MENFESS @BAKORFESS). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (674kB)
[img] Text
keaslian skripsi.pdf

Download (468kB)
[img] Text
abstrak (1)_removed.pdf

Download (164kB)

Abstract

LARASATI SANGGA PUJIYANTI, NPM 18110044. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Twitter Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Korea (Penelitian Pada Menfess @BakorFess). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan dari media sosial twitter @BakorFess efektif sebagai media pembelajaran bahasa korea dan mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berbahasa korea baik dari segi membaca, penulisan kata, penyusunan kalimat dan lain-lain. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Data dikumpulkan dengan membagikan link kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan pengikut dari akun @BakorFess dan menggunakan teknik sampling kuota untuk menentukan sampel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen, uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menujukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil pada uji hipotesis menunjukan bahwa H0 (tidak ada efektivitas penggunaan media sosial twitter sebagai media pembelajaran bahasa korea) ditolak dan Ha (adanya efektivitas penggunaan media sosial twitter sebagai media pembelajaran bahasa korea) diterima dengan nilai thitng 8,383 > 1,985. Penelitian ini juga berhubungan atau selaras dengan teori uses and gratifications yang dimana penggunaan akun @BakorFess dapat memenuhi tujuan khalayak dalam belajar bahasa korea. Adapun besaran pengaruh yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y sebesar 41,8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Penggunaan, Media Sosial Twitter, Media Pembelajaran, Bahasa Korea
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Larasati Sangga Pujiyanti
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:47
Last Modified: 05 Jan 2023 03:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item View Item