PENGARUH PENAMBAHAN RECTIFIER DIBAWAH ADVANCE BLADE TERHADAP PERFORMA TURBIN AIR TERAPUNGSTUDI KASUS UNTUK SUDU TIPE L TERTUTUP

Kurniawan, Dyas Alief (2022) PENGARUH PENAMBAHAN RECTIFIER DIBAWAH ADVANCE BLADE TERHADAP PERFORMA TURBIN AIR TERAPUNGSTUDI KASUS UNTUK SUDU TIPE L TERTUTUP. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Lembar pernyataan keaslian.pdf

Download (207kB)

Abstract

Turbin air terapung menjadi solusi alternatif dalam memanfaatkan energi arus sungai, dikarenakan turbin air terapung ini memiliki keunggulan yaitu turbin ini tidak perlu diubah posisinya jika pasang surut sungai. Pemberian rectifier ini bertujuan untuk memperbesar gaya drag / dorong pada advance blade, dengan penempatan rectifier diharapkan mampu menjadi alat bantu untuk mengarahkan aliran fluida. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada nilai kecepatan rata-rata arus aliran pada irigasi di Cindai Alus Kabupaten Banjar, tersebut didapatkan nilai sebesar 1,17 (m/s), dengan nilai rata-rata yang didapatkan pada debit aliran irigasi yaitu 14.038226 (m3 /s), dan nilai rata-rata yang di dapatkan pada potensi aliran air yaitu 9.76 (Kw). Dan Dari hasil penelitian diketahui bahwa variasi penambahan rectifier sangat berpengaruh terhadap putaran turbin air terapung, nilai putaran terbesar didapatkan pada sudu 12 pakai rectifier yaitu 24,8 Rpm dengan nilai efisiensi yang dihasilkan sebesar 38,6 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Turbin Air Terapung, Energi Terbarukan, Rectifier.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Dyas Alief Kurniawan
Date Deposited: 26 Dec 2022 05:33
Last Modified: 26 Dec 2022 05:33
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item View Item