HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BALITA DI PUSKESMAS 9 NOPEMBER KOTA BANJARMASIN

WARDANAH, WARDANAH (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR PADA BALITA DI PUSKESMAS 9 NOPEMBER KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (448kB)
[img] Text
lembar Pernyataan Skripsi.pdf

Download (946kB)
[img] Text
ARTIKEL WARDANAH_removed.pdf

Download (77kB)

Abstract

Pengetahuan tentang imunisasi mencakup tahu akan pengertian imunisasi, penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi, manfaat imunisasi, tempat pelayanan imunisasi, waktu pemberian imunisasi, jenis imunisasi dan jumlah pemberian imunisasi. Melalui pengetahuan yang cukup diharapkan dapat mempengaruhi tindakan seseorang ibu dalam memberikan imunisasi secara lengkap kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan dukungan keluarga dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Balita di Puskesmas 9 Nopember Kota Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 responden. Teknik analisis menggunkana uji Chi-Square. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sebanyak 38 responden (52%) kategori lengkap, kategori baik 36 responden (50,0%), sikap positif sebanyak 44 (61,1%) dan untuk dukungan keluarga sebanyak 40 responden (55,6%). 5. Ada hubungan antara Pengetahuan responden terhadap Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Balita p value= 0,001, ada hubungan antara Sikap responden terhadap Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Balita p value = 0,000 dan ada hubungan antara dukungan kelurga terhadap Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Balita di Puskesmas 9 Nopember Kota Banjarmasin, dengan hasil uji Chi-square p value = 0,000. Diharapkan agar dapat meningkatkan pengetahuan ibu mengenai imunisasi dasar lengkap dengan cara meningkatkan penyuluhan-penyuluhan di setiap desa dan memberikan pendidikan kesehatan kepada para kader posyandu agar dapat membantu petugas kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai imunisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Dukungan Keluarga, Kelengkapan Imunisasi Dasar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Heni Yeni
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:45
Last Modified: 26 Dec 2022 02:45
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item View Item