STUDI TERHADAP PERIZINAN MINIMARKET BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARBARU NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG IZIN USAHAN TOKO MODERN DI BANJARBARU

Mahdi, Tiara Rika (2022) STUDI TERHADAP PERIZINAN MINIMARKET BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARBARU NOMOR 17 TAHUN 2016 TENTANG IZIN USAHAN TOKO MODERN DI BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (160kB)
[img] Text
abstrak_removed.pdf

Download (163kB)

Abstract

Diharapkan dengan menjamurnya usaha minimarket di Kota Banjabaru akan menciptakan iklim persaingan yang positif diantara para pengusaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang mereka berikan. Namun dalam praktiknya, beberapa minimarket mengabaikan batasan dan ketentuan peraturan daerah, mulai dari jam buka lintas batas, menawarkan layanan publik seperti: kendaraan roda empat dan kendaraan 3 (tiga). ) rangkaian kendaraan roda dua yang menyediakan toilet yang memadai, penggunaan tenaga kerja yang harus mengutamakan penduduk lokal yang beridentitas penduduk Kota Banjabaru, kecuali untuk jabatan profesi tertentu, tenaga kerja asing dapat mempekerjakan tenaga kerja asing, dll. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yaitu. H. Penelitian dilakukan melalui penelaahan bahan pustaka atau bahan sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Bahan-bahan ini disusun secara sistematis, diperiksa dan dibandingkan, dan dibuat kesimpulan tentang masalah yang diteliti. Dari penelitian ini diketahui bahwa proses persetujuan pendirian minimarket di Kota Banjarmasin berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2016 adalah setiap pengoperasian minimarket harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pemerintah provinsi. . peraturan yang berlaku. Proses perizinan dilakukan oleh Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Banjarmasin, yaitu. saksi memeriksa kelengkapan berkas pada saat berkas permohonan sudah lengkap diagendakan dan pemohon menerima tanda terima berkas, berkas permohonan dikirim ke masing-masing bidang teknis dan apabila tidak lengkap berkas dikembalikan kepada pemohon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perizinan Minimarket, Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2016
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Tiara Rika Mahdi
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:15
Last Modified: 22 Feb 2023 03:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item