HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERSEPSI ORANGTUA DENGAN KESEDIAAN MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 PADA ANAK USIA 6-11 TAHUN DI SDN SURGI MUFTI 1 KOTA BANJARMASIN

Sucita Ramadani, Desti (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERSEPSI ORANGTUA DENGAN KESEDIAAN MENGIKUTI VAKSINASI COVID-19 PADA ANAK USIA 6-11 TAHUN DI SDN SURGI MUFTI 1 KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (468kB)
[img] Text
Halaman pernyataan keaslian penelitian.pdf

Download (250kB)
[img] Text
halaman pengesahan skripsi.pdf

Download (220kB)

Abstract

Vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah dan menurunkan risiko penularan/infeksi penyakit COVID-19. Namun program vaksinasi ini masih menimbulkan pro dan kontra dikalangan orangtua. Masih banyaknya informasi salah terkait vaksin ini sehingga memicu terjadinya kecemasan, ketakutan serta sikap dan persepsi yang beragam sehingga para orangtua masih ragu anaknya untuk divaksin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan persepsi orangtua dengan kesediaan mengikuti vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun di SDN Surgi Mufti 1 Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua siswa kelas 1 sampai 5 SDN Surgi Mufti 1 Kota Banjarmasin. Sampel sebanyak 77 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling, sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan cara wawancara. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar orangtua bersedia mengikuti vaksinasi sebanyak 63 orang (81,8%), pengetahuan baik sebanyak 55 orang (71,4%), sikap positif sebanyak 63 orang (81,8%) dan persepsi positif sebanyak 60 (77,9%). Hasil statistik menggunakan uji Fisher’s Exact ada hubungan sikap dan persepsi dengan kesediaan mengikuti vaksinasi COVID-19 di SDN Surgi Mufti 1 Kota Banjarmasin diperoleh p-value 0,000 dan hasil uji alternatif Kolmogorov Smirnov ada hubungan pengetahuan dengan kesediaan mengikuti vaksinasi COVID-19 di SDN Surgi Mufti 1 Kota Banjarmasin diperoleh p-value 0,000. Diharapakan untuk orangtua yang anaknya belum divaksin agar segera divaksin, dengan vaksinasi ini orangtua dapat mendukung dan membantu pemerintah agar anak mendapatkan perlindungan dan keamanaan saat pembelajaran tatap muka dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan di sekolah, serta diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi (perbandingan) untuk peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Persepsi, Vaksinasi COVID-19
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Desti Sucita Ramadani
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:59
Last Modified: 11 Apr 2023 01:59
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13966

Actions (login required)

View Item View Item