PENGARUH PENAMBAHAN RECTIFIER DI BAWAH ADVANCE BLADE TERHADAP PERFORMA TURBIN AIR TERAPUNG STUDI KASUS SUDU LURUS TERTUTUP

Rahmah, Sartika (2022) PENGARUH PENAMBAHAN RECTIFIER DI BAWAH ADVANCE BLADE TERHADAP PERFORMA TURBIN AIR TERAPUNG STUDI KASUS SUDU LURUS TERTUTUP. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (80kB)

Abstract

Energi listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan dalam dunia industri maupun kehidupan sehari-hari. Meningkatnya pertumbuhan di Indonesia membuat penggunaan listrik tersebu semakin bertambah setiap tahunnya.Peningkatan kebutuhan listrik tersebut menyentuh angka 6% per tahunnya DiIndonesia sendiri masih banyak menggunakan energi tak terbarukan dengansumber energinya yang berasal dari migas yang penggunanaanya mencapai 76,8%.1. Menyiapkan alat ukur terdiri Tachometer, timbangan gantung, 2. Menyiapkan lembar pengamatan sesuai dengan rancangan percobaan yang sudah ditetapkan. 3. Memasang semua model uji kedalam instalasi turbin, kemudian turbin dijalankan sehingga turbin dapat berputar, pengukuran putaran turbin sebanyak 5 kali. 4. Mengulangi Langkah 3 sampai semua model diuji. 5. Mencatat semua hasil pengujian pada lembar pengamatan yang sudah tersedia Setelah data hasil pengukuran terkumpul, kemudian data tersebut di lakukan perhitungan lanjutan agar mendapatkan performa turbin air terapung tiap variasi jumlah sudu maka di ketahui nilai efisiensi yang tinggi adalah pada sudu 12 yang menggunakan rectifier sebesar 37.6299031 %1. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa variasi jumlah sudu dengan menambahkan rectifier sangat berpengaruh pada putaran turbin air terapung, putaran terbesar didapatkan pada jumlah sudu 12 yang menggunakan rectifier nilai putaran yang dihasilkan sebesar 23,9 Rpm dengan nilai efisiensi yang dihasilkan sebesar 37,6 % . 2. Dari hasil penelitian turbin air terapung diketahui bahwa pada nilai kecepatan rata-rata arus aliran pada irigasi tersebut mendapatkan nilai sebesar 1,17 (m/s), dan nilai yang didapatkan pada debit aliran irigasi yaitu 14.038226 (m3/s).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air, Turbin, Terapung, Rectifier
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Sartika Rahmah
Date Deposited: 02 Jan 2023 05:01
Last Modified: 02 Jan 2023 05:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item