ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SAMUDA KECAMATAN MENTAYA HILIR SELATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

Rosyda, Firda (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SAMUDA KECAMATAN MENTAYA HILIR SELATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR. ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SAMUDA KECAMATAN MENTAYA HILIR SELATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR. (Unpublished)

[img] Text
Artikel Pdf.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (115kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN 2.pdf

Download (127kB)

Abstract

Berdasarkan survey pendahuluan dan pengamatan penulis terhadap kegiatan pelayanan di Puskesmas Samuda menunjukkan bahwa ditemukan adanya kecenderungan yang mengarah kepada kurangnya kualitas pelayanan yang dilakukan di Puskesmas Samuda Kotawaringin timur khususnya di ruang ruang pemeriksaan kesehatan (RPK). Ini diketahui dari pasien yang kurang nyaman dengan kondisi plafon yang rusak, terdapat keluhan mengenai kurangnya kenyamanan yang diberikan selama proses perawatan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya hubungan kualitas kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini pasien yang berkunjung ke puskesmas dan diperoleh sampel sebanyak 99 dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada 99 responden dilakukan uji analisis data menggunakan uji chi-square dengan α=0,05 dengan taraf signifikan p<α. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien di Puskesmas Samuda sebagian besar responden menyatakan tidak puas dengan kualitas pelayanan yang ada di Puskesmas Samuda, kemudian ada hubungan Tangible (p=0,000), assurance (p=0,000), dan emphaty (p=0,000) dengan kepuasan pasien dan tidak ada hubungan reliabiliyt (p=0,783) dan responsiveness (p=0,382) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Samuda. Diharapkan puskesmas dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan survei secara berkala mengenai kepuasan pasien di Puskesmas Samuda untuk selalu mengevaluasi kinerja petugas kesehatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Kepuasan Pasien Kepustakaan : 15 (2008-2021)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Firda Rosyda
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:34
Last Modified: 30 Dec 2022 03:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14053

Actions (login required)

View Item View Item