Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan menggunakan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik SD Negeri 1 Basungkai Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas

Putri, Mahriani (2022) Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan menggunakan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik SD Negeri 1 Basungkai Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan menggunakan media Pop Up Book terhadap kemampuan membaca peserta didik SD Negeri 1 Basungkai Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain pre eksperimental (non desaign) pre-test dan post-test one group desaign. Sampel penelitian 10 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian divalidasi oleh guru kelas di SD Negeri Kantan Muara 5. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata pada pretest yang diperoleh sebesar 60,5 nilai rata-rata tersebut berada pada interval 55-69 yang termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata post-test yang diperoleh yaitu sebesar 78,5 yang berada pada interval 75-84 yang berarti berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian diperoleh, thitung = 9,27 dan ttabel = 4,781. Maka thitung > ttabel atau 9,27 > 4.781. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti terdapat pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dengan menggunakan media Pop Up Book terhadap kemampuan membaca peserta didik SD Negeri 1 Basungkai Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Kemampuan Membaca
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mahriani Putri
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:52
Last Modified: 26 Jan 2023 01:52
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14179

Actions (login required)

View Item View Item