EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDOTION INDEX (PCL) DI RUAS JALAN TRANS KALIMANTAN STA 0+000 - STA 20 + 000

Ratnasari, Yuliana (2023) EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDOTION INDEX (PCL) DI RUAS JALAN TRANS KALIMANTAN STA 0+000 - STA 20 + 000. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Yuli.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Yuli.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Artikel Yuli_removed.pdf

Download (20kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembangunan jalan agar dapat tetap mengakomodasi kebutuhan pergerakan dengan tingkat layanan tertentu maka perlu dilakukan suatu usaha untuk menjaga kualitas layanan jalaru dimana salah satu usaha adalah dengan melakukan penilaian terhadap kondisi eksisting jalan. Nilai kondisi jalan ini nantinya dijadikan aflum untuk menentukan jenis penanganan yang harus dilalcukan, apakah itu peningkatan; pemeliharaan berkala; atau pemeliharaan rutin. Ada beberapa metode pendekatan yang dapat digunakan dalam melakr:kan penilaian kondisi jalan, diantaranya adalah dengan metode Pavement Condition Index (PCD. Hal yang dilahkan adalah dengan melakukan penilaian kondisi perkerasan jalan terlebih dahulu untuk mengetahui dan mengelompokan jenis kerusakan, penyebab, tingkat kerusakan perkerasan jalan, serta menetapkan nilai kondisi perkerasan jalan sehingga kerusakan tidak semakin meaingkat. Tujrran penelitian ini adalah unhrk mengeahui kondisi tingkat kerusakan permukaan jalan dengan metode Pavement Condition Index eCD di ruas jalan Trans Kalimantan dan mengetahui jenis kerusakan peflnukaan jalan yang terjadi dengan metode Pavement Condition Index (PCD di ruas jalan Trans Kalimantan. Jenis data yang digunakan terdiri dari data Primer yaitu pengamatan dan pengukuran dilapangarl dan data Sehtnder yaitu data dmi instansi terkait. Metode penelitian ini yaitu dengan cara melakukan survei atau pengamatan di ruas jalan Trans Kalimantan dengan menggunakan Metode Pavement condotion (PCD. Hasil pengamatan kondisi perkerasan jalan'yang didapat berupa jenis dan kuantitas kerusakan yang terjadi pada tiap didapatkan yang paling buruk adalah Unit Sample 1 dengan nilai PCI : 71 (baiklcood), dan yang paling bagus adalah Unit Sample 11.,12,13,L4,15,16,18,19 dan 20 dengan nilai PCI : 100 (SempunralExcellent). Prioritas penangarum kerusakan yaitu Unit Sample 1,6,7,9,4,5,2,8,3,10,1T dimana prioritas pen mganan kerusakan di urutkan berdasarkan nilai PCI terendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, dan Metode Pavement Condotian Index (PC\
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Yuliana Ratnasari
Date Deposited: 04 Jan 2023 05:48
Last Modified: 04 Jan 2023 05:48
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14223

Actions (login required)

View Item View Item