ANALISIS KELAYAKAN USAHA KERUPUK IKAN TENGGIRI RUKMANA DALAM MENINGKATKAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA TANJUNG MANGKOK KABUPATEN KOTABARU

Riyana, Selvi (2023) ANALISIS KELAYAKAN USAHA KERUPUK IKAN TENGGIRI RUKMANA DALAM MENINGKATKAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA TANJUNG MANGKOK KABUPATEN KOTABARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak-1.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi-1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi-1.pdf

Download (168kB)

Abstract

Kerupuk Ikan Tenggiri merupakan salah satu produk olahan yang berbahan dasar ikan tenggiri, tepung tapioka dan bahan lainnya. Desa Tanjung Mangkok, desa yang sebagian besar nelayan, menarik para pengusaha yang memanfaatkan hasil laut. Julia memulai sebuah perusahaan bernama Kerupuk Ikan Tenggiri Rukmana. Oleh karena itu peneliti mengkaji kelayakan usaha kerupuk tenggiri Rukmana, apakah kelayakan usaha kerupuk tenggiri Rukmana dapat meningkatkan status sosial ekonomi masyarakat di desa Tanjung Mangkok, dan apakah usaha kerupuk tenggiri Rukmana memutuskan untuk mengetahui kelayakan usaha kerupuk tenggiri Rukmana. konsisten dengan prinsip-prinsip Islam. Hal ini ditinjau dari berbagai perspektif, termasuk operasional dan teknis, ekonomi dan sosial, dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kelayakan usaha kerupuk tenggiri rukmana mengamalkan prinsip syariah dan apakah kelayakan usaha kerupuk tenggiri rukmana yang sudah mapan dapat bertahan lama dan mendatangkan pendapatan bagi masyarakat sekitar, memungkinkan atau tidak. Kondisi ini mendorong peneliti untuk melakukan studi kelayakan usaha untuk meningkatkan sosial ekonomi masyarakat Desa Tanjung Mangkok Kabupaten Kota Baru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam survei ini adalah pemilik usaha, karyawan dan beberapa orang dari desa Tanjung Mangkok. Berdasarkan temuan kajian, hasil operasional, teknis, ekonomi, sosial dan lingkungan dinilai layak karena dapat meningkatkan status sosial ekonomi masyarakat di Desa Tanjung Mangkok Kabupaten Kota Baru. Dan sesuai dengan konsep Islam. Namun usaha kerupuk tenggiri Rukmana perlu meningkatkan pengelolaan aspek lingkungan agar tidak berdampak pada lingkungan dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Syariah, Kelayakan Bisnis, Kerupuk Ikan Tenggiri, Sosial Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Selvi Riyana
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:46
Last Modified: 06 Jan 2023 02:46
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item