IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PADA SISWA MI TARBIYATUL ISLAMIYAH SUNGAI BAKUNG

Mulkan, Mulkan (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PADA SISWA MI TARBIYATUL ISLAMIYAH SUNGAI BAKUNG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN MULKAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (4).pdf

Download (194kB)
[img] Text
ARTIKEL MULKAN 1_removed (1).pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat membentuk karakter mandiri pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat membentuk karakter mandiri pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan objek kepala madrasah, Pengajar, pelatih dan siswa-siswi. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, diplay dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat membentuk karakter mandiri pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung dilakukan oleh pelatih : 1) Tahap persiapan atau perencanaan adalah tahapan awal yang harus dilakukan dalam setiap kegiatan yaitu setiap kegiatan dibagi dua yaitu latihan jurus silat dan dilanjutkan latihan teknik beladiri, 2) Tahap Pelaksanaan adalah proses selama latihan yaitu diawali kegiatan dengan berwudhu, berdo’a kemudian pemanasan dilanjutkan materi latihan dan ditutup dengan berdo’a. Dalam tahapan ini pembentukana karakter mandiri dengan indikator pertama bertanggung jawab melakukan tugas sendiri yaitu siswa memakai sendiri seragam pencak silat lengkap dengan sabuk tingkatannya, kedua tidak mudah bergantung pada orang lain dari awal latihan sampai selesai siswa melakukan kegiatan sendiri hingga selesai 3) Tahap evaluasi adalah mengukur sampai dimana kemampuan siswa dalam latihan pecak silat dengan waktu 3 pertiga bulan yaitu dilakukan dengan 2 tahap, tahap I uji coba dan tahap kedua tes kenaikan tingkat. Faktor pendukung dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat membentuk karakter mandiri pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung adalah kerjasama pihak sekolah karena sudah bagian dari program kegiatan yang ada disekolah kemudian dari pihak luar sekolah baik orang tua bahkan pemerintah setempat. Faktor penghambat dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler pencak silat membentuk karakter mandiri pada siswa MI Tarbiyatul Islamiyah Sungai Bakung adalah kurangnya tenaga pelatih dalam kegiatan pencak silat dan dan faktor cuaca yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurkuler, Pencak Silat, Mandiri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:17
Last Modified: 06 Jan 2023 03:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item